Sukses

Lakukan 3 Hal Ini untuk Menghindari Kebakaran Mobil

Salah satu lembaga di Amerika Serikat yang fokus pada keselamatan dari kebakaran, National Fire Protection Association (NFPA) memberikan beberapa tips untuk menghindari kebakaran mobil.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang akhir pekan lalu, telah terjadi dua kasus kebakaran mobil yang terjadi di jalan tol. Dari dua kasus tersebut, memang belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun paling sederhana dan paling sepele, kebakaran mobil bisa disebabkan karena korsleting kelistrikan di kendaraan.

Melansir Autoblog, salah satu lembaga di Amerika Serikat yang fokus pada keselamatan dari kebakaran, National Fire Protection Association (NFPA) memberikan beberapa tips untuk menghindari kebakaran mobil.

Pertama, jika Anda mencium bau plastik atau karet yang terbakar, maka carilah sumber bau tersebut. Jangan pernah mencoba mendiamkannya, dan memeriksanya saat sampai di tempat tujuan.

Kedua, biasakan cek mobil walau sebentar sebelum berangkat. Disarankan agar memeriksa mobil ke bengkel setidaknya paling lama setahun sekali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Perlu diketahui, jika Anda tak mengenal seluk-beluk mesin atau mobil, maka mintalah mekanik untuk memeriksa mencakup sumber-sumber yang memungkinkan terjadi kebocoran bahan bakar atau minyak.

Ketiga, jika memang adanya percikan api pada sekring, itu dipastikan terjadi masalah pada kelistrikan. Karena itu, jangan disepelekan soal kelistrikan, sebaiknya periksa dan mintalah bantuan pada mekanik terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini