Sukses

Dana Rp 100 Jutaan, Mending Toyota Avanza Bekas atau Calya Baru?

Nah, bagi Anda yang sedang berburu mobil, namun dana Anda tak lebih dari harga Toyota Calya, maka Anda bisa melirik Toyota Avanza Bekas. Avanza bekas dengan kondisi bagus dan tahun muda bisa didapat di rentang Rp 140 - 170 jutaan.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Avanza 2019 akan meluncur dalam waktu dekat, hal tersebut terlihat dari berbagai kode yang dilempar oleh Toyota Indonesia dan juga berbagai bocoran yang muncul di dunia maya. Meskipun demikian, soal harga tak mungkin lebih murah dibanding Toyota Avanza model lama.

Nah, bagi Anda yang sedang berburu mobil, namun dana Anda tak lebih dari harga Toyota Calya, maka Anda bisa melirik Toyota Avanza Bekas. Avanza bekas dengan kondisi bagus dan tahun muda bisa didapat di rentang Rp 140 - 170 jutaan. 

Toyota Calya dan Avanza cuma berbeda satu tingkat. Calya segmen LCGC, Avanza masuk LMPV. Itu sekaligus menunjukkan, Avanza lebih tinggi spesifikasi dan harganya. Calya bisa ditebus mulai dari Rp 138,15 juta. Paling mahal Rp 155,7 juta tipe G bertransmisi otomatis. Sedang harga Avanza baru lumayan jauh diferensiasinya. Avanza paling murah saja dibanderol Rp 191 juta.

Apakah itu jadi pilihan yang lebih baik ketimbang Calya baru? Kami jawab iya. Ada sejumlah alasan Avanza bekas masih lebih baik dari Calya baru.

Pertama dari kualitas. Bukan berarti Calya jelek. Namun ada perbedaan nyata pada kualitas keduanya. Calya yang sengaja dibuat untuk segmen LCGC, harus banyak ditekan sana sini agar harga tak kemahalan. Avanza lebih serius digarap karena tak ada kekang LCGC. Selain itu, reputasi. Avanza, sudah satu dekade dipercaya jadi mobil banyak kalangan. Gelar mobil sejuta umat menempel dengan sendirinya. Dengan itu, suku cadang aftermarket lebih banyak dan mudah dicari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dari spesifikasi jelas, mending Avanza bekas. Dalam kondisi masih baik, mesin Avanza punya kapasitas dan tenaga lebih besar. Calya punya mesin 4-silinder 1,2 liter bertenaga 86 Tk dan torsi 107,8 Nm. Avanza memakai mesin 1,3 liter dengan daya 95 Tk dan torsi puncak 120 Nm. Pilihan mesin lain, ada 1,5 liter yang menyemburkan tenaga 102 Tk dan torsi 136 Nm.

Mengingat keduanya masuk mobil keluarga, dimensi patut diperhitungkan. Avanza punya bodi dan jarak sumbu roda lebih panjang dari Calya. Artinya, kabin Avanza lebih lapang dan nyaman untuk diisi penuh orang. Bagasi juga jauh lebih lapang kala bangku ketiga dilipat. Barang bisa muat lebih banyak saat memakai Avanza.

Estetika desain eksterior Avanza lebih sedap dipandang. Interiornya juga lebih berkualitas dan lebih kedap menahan suara dari luar. Soal fitur memang tak jauh beda. Tapi tetap Avanza lebih unggul dan lengkap. Pada pilihan 1.5, Avanza punya layar sentuh 6,1 inci sebagai pusat komando hiburan. Dukungannya ada DVD, CD, AUX, USB dan Bluetooth. Sistem penyejuk kabin Avanza sudah double blower. Calya memakai ekhaust yang meneruskan embusan AC depan ke kabin belakang.

Fitur safety keduanya mirip. Ada dual SRS airbags, rem ABS, headrest dan seat belt 3-titik di semua jok serta ISOFIX. Avanza punya side impact beam pada rangkanya, untuk meredam benturan samping lebih baik.

Dengan segala kelebihannya, Avanza bekas sekalipun masih lebih layak dipilih dari Calya. Namun kalau Anda termasuk orang yang harus membeli baru dan budget terbatas, sah saja membeli Calya. Alangkah baiknya kalau bisa membeli Avanza baru.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.