Produk Kembar, Toyota dan Daihatsu Riset Avanza-Xenia Terbaru Secara Terpisah

Oleh Arief Aszhari pada 04 Jan 2019, 14:02 WIB
Diperbarui 04 Jan 2019, 22:15 WIB
Toyota Avanza 2019

Liputan6.com, Jakarta - Toyota dan Daihatsu siap meluncurkan model baru duet low multi purpose vehicle (LMPV) andalannya, Avanza dan Xenia. Sebelum resmi diperkenalkan kepada publik, bocoran pesaing Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio serta Wuling Confero ini sudah muncul di dunia maya hingga menghebohkan jagat internet.

Berdasarkan gambar dan foto yang beredar, Toyota Avanza facelift dan kembarannya, Daihatsu Xenia memiliki ubahan di bagian wajah, mulai dari bumper, grill, dan lampu utama serta foglamp yang sudah menggunakan LED. Sedangkan untuk buritan juga mengalami penyegaran di sisi bumper dan lampu rem.

Dijelaskan Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), meskipun merupakan model kembar, layaknya Toyota Rush dan Daihatsu Terios serta Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, namun dua pabrikan asal Jepang ini tidak mengembangkan model tersebut bersamaan.

"Tidak, hasil riset berbeda. Tapi, kolaborasi ini menghasilkan basic unit yang sama (model standar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia)," jelas pria yang akrab disapa Soerjo saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Jumat (4/1/2018).

Lanjut Soerjo, Toyota dan Daihatsu melakukan riset dilakukan masing-masing. Pasalnya, pengembangan jangkauan konsumen dari dua pabrikan tersebut berbeda-beda.

"Daihatsu tidak ikut untuk mengkonsepkan Veloz, begitu juga dengan kita yang gak mungkin ikut mengembangkan, contohnya waktu masih ada mesin 1.0 karena kita tidak bermain di konsumen pasar tersebut," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Toyota Terus Lempar Kode Peluncuran Avanza Facelift

Menurut Franciscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, selama ini atau lebih tepatnya tiga bulan belakangan, banyak digital imaging atau foto terkait Toyota Avanza ini. Jadi, hal tersebut dianggap sebagai masukan oleh pabrikan asal Jepang tersebut.

"Saya tidak ngerti, media yang nunggu atau konsumen yang nunggu. Kalau ada launching kita kirim undangan, lagi pula undangan saya yang teken (tanda tangan), dan undangan juga belum saya teken," jelas pria yang akrab disapa Soerjo, saat dikonfirmasi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Kamis (3/1/2019).

Lanjut Soerjo, dengan adanya berbagai bocoran Toyota Avanza baru ini, pihaknya berterima kasih, terkait antusias dari kemunculan model baru pesaing Mitsubishi Xpander ini. Namun, terkait desain dan juga bentuk Avanza baru, pria ramah ini masih berkomentar diplomatis, dan masih belum membuka keran informasinya banyak-banyak.

"Berdasarkan survei yang kita lakukan, ada beberapa faktor yang masih dianggap ciri khas low MPV. Misalkan, itu mobil tujuh penumpang, bisa angkut barang, dan bisa digunakan sendiri dan juga beramai-ramai (bermuatan banyak)," tegas Soerjo saat ditanya gambaran desain Toyota Avanza baru nanti.

Lanjutkan Membaca ↓