Penampakan Toyota Avanza Baru, Bakal Ada Perubahan Besar?

Oleh Septika Shidqiyyah pada 03 Jan 2019, 15:07 WIB
Diperbarui 03 Jan 2019, 15:07 WIB
Perbandingan Toyota Avanza 2019 dengan pendahulunya
Perbesar
Perbandingan Toyota Avanza 2019 dengan pendahulunya (ist)

Liputan6.com, Jakarta Toyota Avanza dikabarkan akan memiliki model baru yang akan meluncur tahun 2019. Di media sosial, beredar bocoran Toyota Avanza 2019. Penampakan Toyota Avanza baru itu sontak menghebohkan publik.

Rumor beredarnya penampakan Toyota Avanza baru sudah santer terdengar sejak pertengahan 2018 silam. Wajar saja, mobil MPV ini telah 2 tahun bertahan dengan wajah lamanya.

Hal tersebut, terlihat dari unggahan di akun instagram @indra_fathan, yang menampilkan ubahan terbesar terlihat dari wajah model pesaing Mitsubishi Xpander ini.

Dari foto-foto yang tersebar, penampakan Toyota Avanza baru kini memiliki bumper, grill, dan lampu depan yang berubah total. Bahkan, desainnya dikatakan mirip MPV kelas atas milik PT Toyota Astra Motor (TAM), Alphard.

Sementara itu, dilihat dari bagian buritan, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia juga mendapatkan ubahan pada bagian bumper dan lampu rem.

Dengan melihat bocoran gambar tersebut, sepertinya penampakan Toyota Avanza baru ini belum terungkap semua. Pasalnya, gambar yang bocor ini bisa jadi adalah versi terendah, karena tidak ada lampu kabut. Jadi, masih ada desain versi Veloz yang kemungkinan besar desainnya lebih menarik dari yang sudah bocor di dunia maya.

Sebagai perlawanan balik untuk mobil keluarga anyar Mitsubishi Xpander, kembaran Daihatsu Xenia ini diharapkan berubah total, mulai dari eksterior, interior, dan juga mesin.

2 dari 4 halaman

Masih gunakan mesin yang sama

Melihat penampakan Toyota Avanza baru LMPV milik PT Toyota Astra Motor (TAM) ini diharapkan memiliki perubahan yang signifikan. Mulai dari eksterior, interior, hingga mesin. Tapi sayangnya, berdasarkan informasi dari tenaga penjual Toyota, Avanza baru sepertinya masih akan menggunakan mesin lama.

"Spesifikasinya belum diinformasikan dengan detail, tapi kemungkinan mesin masih sama. Ubahannya tampilan saja," jelas salah satu tenaga penjual Toyota yang namanya enggan disebutkan, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (3/1/2018).

Sementara itu, sebagai pabrikan yang memproduksi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, sebelumnya Direktur Penjualan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, mengatakan bahwa ada model baru, pihaknya pasti akan mempertahankan keunggulannya yang sudah ada di model lawas.

"Kalau kita yang mau jual, yang sekarang proven (terbukti) pasti kita pertahankan," jelas Amel.

Menurutnya, keunggulan mereka saat ini yang bakal dipertahankan, seperti irit bahan bakar, dan mesin tangguh untuk jalan yang rusak. Keunggulan ini pun yang nantinya akan dipertahankan jika benar ada model baru untuk LMPV andalannya.

"Tidak mungkin Daihatsu menghilangkan yang sudah proven, dan diterima banyak. Kalau kamu lihat susunan kursi kita, one touch tumble, anak kecil juga bisa langsung buka. Kompetitor tidak begitu, susah. Keunggulan-keunggulan itu pasti kita pertahankan," lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Segmen mobil Low MPV dipastikan lebih sengit

Memasuki awal tahun 2019, pecinta otomotif Tanah Air bakal disajikan satu model baru yang memang sudah lama ditunggu. Ya, mobil tersebut adalah duet LMPV, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia versi 2019.

Dengan kehadiran mobil sejuta umat itu, pasar mobil segmen low MPV di Indonesia tahun 2019 dipastikan lebih sengit.

Bila ditilik lebih dalam, Toyota Indonesia sangat pantas berbenah di segmen mobil paling laris di republik ini. Sejak Toyota Avanza generasi kedua dirilis pada 2011, nyaris tiada perubahan signifikan, selain peluncuran major change Avanza-Xenia pada 2015. Itu tiga tahun silam.

Padahal pesaing baru di segmen ini semakin banyak. Jika dulu ada Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Chevrolet Spin (penjualannya dihentikan karena gagal bersaing), kini pesaing Avanza-Xenia ini kedatangan Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Maka itu, pasar Toyota Avanza semakin tertekan, setelah merajai segmen low MPV di Indonesia sejak 2004. Lihat data wholesales Gaikindo di Januari-Juni 2018. Penjualan Avanza tercatat 39.455 unit, kalah tipis dari Xpander yang 39.948!

Meski periode Januari-Oktober, Avanza kembali unggul dari Xpander. Yakni 67.940 unit banding 66.125 unit.

Dengan penampakan Toyota Avanza baru yang fresh dari sisi desain dan spesifikasi, mungkin model anyar ini akan menjadi pesaing ketat sang kompetitor. Mengingat reputasi baik merek Toyota di mata konsumen otomotif Indonesia.

4 dari 4 halaman

Toyota Indonesia rilis enam model baru di 2019

Toyota Avanza
Perbesar
Perbandingan Toyota Avanza 2019 dengan pendahulunya dan Toyota Vellfire (ist)

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), pernah mengatakan Toyota Indonesia minimal merilis enam model baru pada 2019 seperti tahun lalu. Keenam model baru itu ada yang improvement, minor change, full model change, atau new model.

"Ya dihitung saja," ujar Soerjo pada Desember lalu sebagaimana dikutip Liputan6.com dari Merdeka.com.

Sayang, pria tinggi besar ini enggan membuka rahasia lebih dalam soal kapan waktu penampakan Toyota Avanza baru bisa ditengok publik.

"Pokoknya bakal ada model baru di segmen small MPV Toyota. Tungga saja waktunya. Bakal ada komunitas mobil low MPV baru di Toyota Indonesia," kata Soerjo, pada kesempatan lain, beberapa waktu lalu.

Lanjutkan Membaca ↓