Sukses

Jangan Lupa Lakukan Ini Setelah Motor Dipakai Liburan ke Luar Kota

Usai liburan Natal dan pergantian tahun baru menggunakan motor kesayangan, kini tiba waktunya Anda kembali beraktivitas. Meski begitu, kesehatan tunggangan perlu diperhatikan agar tidak menyusahkan di kemudian hari.

Liputan6.com, Jakarta - Usai liburan Natal dan pergantian tahun baru menggunakan motor kesayangan, kini tiba waktunya Anda kembali beraktivitas. Meski begitu, kesehatan tunggangan perlu diperhatikan agar tidak menyusahkan di kemudian hari.

"Kalau motor habis dipakai ke luar kota, sebaiknya diservis ringan. Untuk motor matik, dicek sistem CVT-nya,” ujar Galuh Afriyanto, Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, dianjurkan untuk mengganti oli karena mesin bekerja ekstra saat menempuh perjalanan jauh dengan beragam kondisi jalan dan cuaca.

“Setelah pulang, kondisi oli mesin wajib dicek karena dalam perjalanan pasti tidak luput dari jalanan macet saat musim liburan. Belum lagi kondisi jalan yang dilewati seperti naik turun gunung yang membuat mesin bekerja lebih ekstra,” tukasnya.

Kondisi perjalanan yang demikian menurut Galuh bukan tidak mungkin makin mengurangi kualitas pelumas, dan tidak menutup kemungkinan penguapan terjadi lebih besar dari biasanya. Meski oli terlihat masih bagus, tetap dianjurkan untuk diisi baru.

“Kualitas dan kinerja oli juga tentunya berkurang (saat perjalanan jauh). Maka dari itu pengecekan oli perlu dilakukan setelah perjalanan jauh. Saran saya ganti bila dirasa perlu,” imbuhnya lagi.

Selain itu, jika saat berangkat kampas rem belum diganti, kembali dicek ulang. Siapa tahu sudah habis atau tipis. Karena itu, pakai kampas rem baru agar daya pengereman lebih maksimal.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini