Sukses

Honda Jazz Punya Pesaing Baru Asal Bollywood, Mobil Apa?

Tata Motors saat ini tengah mempersiapkan kehadiran produk baru mereka. Mobil tersebut nantinya akan berada di kelas premium hatchback dan bersaing dengan Honda Jazz.

Liputan6.com, New Delhi - Tata Motors saat ini tengah mempersiapkan kehadiran produk baru mereka. Mobil tersebut nantinya akan berada di kelas premium hatchback dan bersaing dengan Honda Jazz.

Sebelumnya, mengutip dari Drivespark.com, versi konsep dari mobil berkode Tata 45X ini telah diperkenalkan dalam gelaran India Auto Expo 2018.

 

 

Diprediksi, Tata 45X akan mengusung mesin Revotron bensin berkubikasi 1,2 liter. Selain itu, tersedia pula varian diesel 1,5 liter.

Harga jual versi massal Tata 45X diperkirakan akan berada di kisaran INR1,6 juta sampai INR2,1 juta atau sekitar Rp331 jutaan hingga Rp435 jutaan (Kurs INR1 = Rp207).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Banget, Honda Civic R Type Kenakan Batik

Honda Civic Type R milik Honda Prospect Motor (HPM) tampil unik di Indonesia Modification Expo (IMX) yang berlangsung akhir pekan lalu. Bodi Civic Type R itu, dihiasi desain batik sebagai perwujudan nyata dari kompetisi desain diecast dengan model mobil yang sama.

Alanis asal Semarang, Jawa Tengah, bertanggung jawab terhadap desain Civic Type R Batik Racing itu. Sebelumnya, Alanis mengikuti Diecast Custom Competition pada gelaran Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018 awal November lalu. Sesuai janji pihak penyelenggara IDE dan IMX, desain pemenang itu diwujudkan dan dipamerkan pada IMX 2018.

 
 

Tema Batik Racing dinilai sudah sesuai kriteria. Sangat sesuai dengan karakter Indonesia, namun masih cocok diaplikasikan pada Type R yang kuat karakter balapnya.

Perpaduan warna jingga dan merah, menguatkan rasa sporty dari desain batik yang elegan. Seperti yang dijanjikan, Type R itu sangat mirip desain decal-nya seperti yang dimodifikasi Alanis pada diecast.

Sebelumnya, penilaian pemenang ditentukan oleh tiga orang juri berpengalaman di bidang desain decal dan customizer diecast. Kriterianya mencakup inovasi, kerapian, harmonisasi custom, fungsional dan yang paling penting bisa diaplikasi secara nyata.

Terpilihlah desain Batik Racing milik Alanis. Penampilan versi nyata Civic Type R Batik Racing pada IMX 2018 dibarengi pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang kompetisi Diecast Custom Competition.

 

Meski kompetisi bukan gagasan HPM, agen pemegang merek Honda itu, tetap menyambut baik kompetisi desain seperti Diecast Custom Competition. Itu sebagai bagian dukungan HPM terhadap dunia modifikasi.

HPM sendiri punya kontes desain digital yang belum lama dicetus. Model mobil yang dilombakan termasuk Civic Type R untuk kontes decal dan generasi terbaru Honda Brio dalam Digital Modification Contest.

"Kami melihat acara ini (IMX) sebagai ajang positif untuk mengembangkan industri kreatif di Indonesia, terutama di bidang modifikasi mobil," ungkap Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director PT HPM dalam siaran rilis resmi. Jonfis juga berharap, melalui gelaran seperti IMX 2018, bisa lebih memajukan kreativitas modifikator Indonesia.

Kompetisi desain dengan platform digital maupun diecast kian marak. Pasalnya, tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli mobil dan memodifikasinya langsung.

Dengan platform digital, desain bisa lebih fleksibel dan kreativitas lebih minim batas. Buktinya, adu modifikasi Honda Jazz Tuning Contest yang rutin digelar, harus absen tahun ini. Berganti dengan kompetisi desain platform digital untuk Type R dan city car Brio

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.