Berukuran Bongsor, Yamaha XMax Nyaman untuk Harian?

Oleh Liputan6.com pada 02 Jan 2019, 10:05 WIB
Diperbarui 02 Jan 2019, 10:05 WIB
Makin Keren, Yamaha Rilis 4 Warna Baru XMax (Foto:YIMM)

Liputan6.com, Jakarta - Masih ada orang yang beranggapan jika motor berukuran bongsor akan terasa merepotkan jika digunakan harian, terutama Yamaha XMax yang memiliki dimensi besar.

Memang, Yamaha Xmax memiliki panjang 2.185mm, lebar 775mm, dan tinggi 1.465mm. Dimensi tersebut bahkan lebih besar dibanding Yamaha R25.

Meski demikian, hal itu tidak menjadi kendala tim Otosia saat menjajal Yamaha Xmax sebagai kendaraan harian. Skutik ini terbilang tetap lincah ketika melibas macet perkotaan.

Kelincahan tersebut tak terlepas dari posisi tangki bahan bakarnya yang cenderung rendah. Selain itu, Yamaha Xmax juga dibekali suspensi depan teleskopik layaknya motor sport.

Kenyamanan Yamaha Xmax juga dimunculkan oleh bagasi luas yang mampu memuat 2 helm full-face dan tas berukuran kurang lebih 30 liter. Jok yang lebar dan empuk pun terbilang nyaman untuk penggunaan harian.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Fitur-fitur lain pada kakak Yamaha Nmax ini juga membuatnya layak sebagai motor harian, seperti keyless, electric power-socket, ban tubeless, dan lampu hazard. Tak lupa LED headlight, taillight, dan DRL.

Selain itu, pabrikan berlogo garpu tala tersebut juga menyematkan instrumen panel analog-digital, sistem pengereman ABS, adjustable windshield, dan traction-control system.

Yamaha Xmax mengandalkan mesin 1-silinder SOHC 250cc bertenaga 22,5 Tk dengan torsi 24,3 Nm. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim Otosia, dapur pacu tersebut memiliki efisiensi bahan bakar mencapai 36km/liter. Berdasarkan situs resmi Yamaha Indonesia, Yamaha Xmax saat ini dibanderol Rp57,8 juta.  

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓