Ini Bagian Mobil yang Bisa Didaur Ulang seperti Barang Bekas

Oleh Arief Aszhari pada 01 Jan 2019, 17:06 WIB
Diperbarui 01 Jan 2019, 17:06 WIB
Kendaraan Bekas
Perbesar
Seorang pria berjalan di tumpukan kendaraan yang rusak, di Mosul Barat, Irak, 3 April 2017. Tanah lapang ini merupakan tempat penyimpanan ratusan hingga ribuan mobil rongsok. (AFP Photo/Ahmad Gharabli)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pemilik mobil yang mendapati bagian kendaraannya rusak, biasanya hanya dilakukan perbaikan atau di buang ke tempat sampah jika memang tidak bisa dipakai kembali. Tapi ternyata, meskipun sudah tidak digunakan, ada bagian mobil yang bisa didaur ulang seperti barang bekas.

Melansir Autohowstuffworks, ditulis Rabu (1/1/2019), setidaknya ada lima bagian mobil yang bisa dimanfaatkan lagi untuk hal yang lebih berguna.

Bagian pertama yang bisa didaur ulang adalah oli. Setelah digunakan di mobil, oli bekas ini bisa dimanfaatkan kembali untuk pelumas rantai motor, rail pagar rumah, atau hal lain.

Selanjutnya, bagian mobil yang bisa digunakan kembali adalah ban bekas. Bagian dari kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan ini, ternyata bisa digunakan untuk bahan bakar aspal karet.

Selanjutnya

Kemudian, bagian lain yang bisa didaur ulang adalah baterai atau yang sering disebut aki. Bahkan di negara maju, bagi pemilik mobil yang memiliki aki tidak terpakai biasanya mengembalikannnya ke dealer atau toko untuk didaur ulang.

Terakhir, bagian mobil yang bisa didaur ulang adalah kaca depan mobil. Biasanya, kaca mobil yang sudah pecah bisa dijadikan bahan untuk fiberglass, ubin, atau gelas untuk minum.

Lanjutkan Membaca ↓