Sukses

Dua Sepeda Motor Klasik dengan Harga Fantastis

Di tengah pesatnya kemajuan desain motor modern, motor klasik tetap punya daya tarik tersendiri. Bahkan motor klasik bisa memiliki nilai tinggi dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah pesatnya kemajuan desain motor modern, motor klasik tetap punya daya tarik tersendiri. Bahkan motor klasik bisa memiliki nilai tinggi dengan harga fantastis.

Tingginya harga sepeda motor klasik ini tak lain karena nilai sejarah dan serta jumlahnya yang tak banyak, alias langka.

Berikut, Liputan6.com uraikan dua motor kuno berbanderol selangit yanng dilansir dari Myinfopie, Senin (16/3/2015):

BMW R32 1924

Sepeda motor klasik yang dibanderol dengan harga selangit salah satunya BMW R32. Sepeda motor ini diciptakan ketika Jerman diembargo melalui Perjanjian Versailles ketika Perang Dunia I.

Perjanjian tersebut intinya melarang produksi segala jenis peralatan militer. Dampak Perjanjian Versailes membuat BMW yang awalnya merupakan produsen mesin pesawat tempur terpaksa banting setir memproduksi sepeda motor dengan membangun R32 pada 1924.

BMW R32 saat itu telah dibangun dengan perseneling tiga percepatan. Tidak seperti sepeda motor yang jamak ditemui saat ini di mana perpindahan giginya menggunakan pedal kaki, sistem perpindahan transmisi BMW R32 menggunakan tuas perseneling yang berada di sisi tangki bahan bakar.

Di pasaran, harga jual BMW R32 ditaksir mencapai US$ 165 ribu atau sekitar Rp 2,39 miliar (US$ 1 = Rp 14.500). Sepeda motor pertama BMW ini tak hanya menjadi motor klasik terbaik tetapi juga sepeda motor BMW terbaik sepanjang masa.

 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harley Davidson ‘Strap Tank’ Single 1907

Sepeda motor termahal dalam deretan ini dipuncaki oleh Harley Davidson Strap Tank Single yang diproduksi pada 1907. Sepeda motor ini merupakan model produksi pertama yang diciptakan oleh William S Harley dan Arthur Davidson.

Harley Davidson Strap Tank Single menjadi salah satu di antara sedikit model Harley Davidson yang mengusung mesin satu silinder. Saat itu, sepeda motor ini dibangun hanya dengan memasang mesin pada rangka sepeda.

Adapun harga jual dari Harley Davidson Strap Tank Single ini ditaksir mencapai US$ 352 ribu atau sekitar Rp 5,1 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.