Sukses

Motor Listrik Roda 3 Buatan Tangerang Harganya Cuma Rp 19 Juta, Mau?

Motor listrik sedang naik daun. Tak terkecuali motor listrik roda 3 yang menarik perhatian di acara cuci gudang BigBang Jakarta 2018 di JIExpo Kemayopran, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Motor listrik sedang naik daun. Tak terkecuali motor listrik roda 3 yang menarik perhatian di acara cuci gudang BigBang Jakarta 2018 di JIExpo Kemayopran, Jakarta.

Salah satu produsen sepeda dan motor listrik lokal yang ikut ambil manfaat dari event ini adalah Selis. Kali ini Selis menyodorkan motor listrik roda 3 yang unik bernama Eagle X-Tra. Lazimnya motor roda 3, dua rodanya di depan dan satu di belakang. Namun Selis Eagle X-Tra sebaliknya, yakni dua roda di belakang, dan satu di depan.

“Tanpa standar, dia tetap bisa berdiri. Hanya saja miring, tidak tegak. Shock belakangnya secara total di belakang ada 3. Dua penopang bobot motor, dan satu lagi adalah suspensi yang mengayun miring dua roda belakang,” kata Yusuf, tenaga penjual.

Kecepatan maksimum Selis Eagle X-Tra hanya 35 km/jam, dengan tiga mode pengendaraan. Model satu untuk speed 20 km/jam. Mode 2 di kecepatan 20-25 km/jam, dan ketiga untuk kecepatan 35 km/jam. Lantaran larinya di bawah 60 km/jam, maka Selis Eagle X-Tra tidak membutuhkan STNK.

“Sebenarnya speed-nya bisa dimaksimalkan sampai 40 km per jam,” jelas Yusuf.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur dan Baterai Motor Roda 3

Skutik listrik roda 3 ini sudah dilengkapi lampu LED, lampu utama dengan pencahayaan jauh dan dekat, alarm dan kunci keyless. Bahkan motror ini bisa berjalan mundur.

Untuk sumber daya, Selis Eagle X-Tra memakai baterai 48 Volt, 12 ampere, dengan lama pengisian baterai 3-4 jam. Jika baterai dalam kondisi penuh, skutik listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 35 km.

“Panel indikatornya dan spidometernya sudah digital. Di situ ada indikator petunjuk pemakaian baterai, kecepatan low sampai full. Kalau baterai alarm bisa sampai 3 tahun umurnya,” paparnya.

Selain alarm, ada tambahan saklar anti-maling on/off yang tersembunyi di balik jok (bagasi).

Motor sanggup menopang beban hingga 200 kilogram. Ketiga rodanya sudah menggunakan ban tubeless merek Kenda berukuran 3.00-10 (16×3.0) yang berpadu dengan rem cakram depan-belakang.

Motor yang dibuat di pabrik Selis di Cikupa, Tangerang ini dibanderol Rp 19,8 juta, termasuk garansi frame/rangka selama 5 tahun, aki 6 bulan, dan dinamo selama 1 tahun.

Sementara harga baterainya adalah Rp 500 ribu. “Kalau mau ambil kredit, DP inimal Rp 4 juta, tenornya sampai 3 tahun. Karena ini baru keluar, dan libur tutup tahun indennya 10 hari. Biasanya cuma 8 hari,” tukas Yusuf.

Penulis : Nazarudin Ray

Sumber : Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.