Sukses

Keren Nih, Bentuk Baru Toyota Supra

Buat penggemar mobil sport Toyota, ada kabar baru buat Anda. Sebuah foto resmi Toyota Supra A90 baru muncul di forum SupraMKV.

Liputan6.com, Jakarta Buat penggemar mobil sport Toyota, ada kabar baru buat Anda. Sebuah foto resmi Toyota Supra A90 baru muncul di forum SupraMKV.

Seperti dilansir Paultan.org, forum tersebut mendapat foto Toyota Supra A90 baru dari email yang dikirim Toyota Jerman. Toyota Supra yang muncul itu mirip seperti foto-foto terdahulu. Ini termasuk bentuk dan desain lampu depan dengan DRL yang menyertainya. Termasuk adanya intake vertikal di sudut-sudutnya.

Ada lubang ventilasi tipis tepat di atas lengkungan roda depan dan celah di pintu. Bahkan rodanya pun terlihat sama dengan bocoran sebelumnya.

Sedangkan untuk bagian belakang, itu adalah pemandangan lain yang akrab.  Lampu belakangnya sama dengan lampu depan ramping yang mengarah ke celah samping. Ada logo Supra dengan jenis huruf nostalgia. Knalpot ganda, lampu kabut yang dipasang di pusat gaya F1 dan diffuser.

Sama seperti ujung depan, ada elemen aerodinamis juga ditemukan di sudut-sudut bemper.Kalau Anda belum yakin bila foto bocoran ini adalah sosok Toyota Supra A90, artinya Anda harus menunggu North American International Auto Show di Detroit awal tahun depan. Toyota kabarnya akan meluncurkannya di sana.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota Supra Terbaru Pakai Mesin BMW, Ini Sebabnya

Toyota Supra terbaru akan menggunakan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris. Jantung mekanis itu bukan buatan Toyota saja, melainkan hasil kolaborasi dengan pabrikan mobil mewah lain, BMW.

Ya, tujuh tahun lalu, Toyota dan BMW menandatangani kesepakatan untuk pengembangan mobil sport bersama. Hasilnya, sebuah mesin inline enam silinder, yang sama digunakan pada BMW Z4 M40i dan M340i terbaru. Mungkin hal ini bakal mengecewakan sebagian penggemar Supra, yang sangat sensitif terhadap penggunaan komponen non-orisinal.

Namun, penggunaan mesin BMW bukan tanpa alasan. Menurut Tetsuya Tada selaku chief engineer Toyota Supra seperti dilansir dari motor1.com (20/13), hal ini justru dipicu permintaan konsumen. Mereka menginginkan mesin inline 6 silinder.

Soalnya keempat generasi sebelumnya juga mengusung tipe mesin ini, seolah menjadi ciri khas Supra yang tak boleh dihilangkan. Toyota pun ingin mewujudkannya, tetapi langkah memproduksi sendiri mesinnya, ternyata kurang menguntungkan dari segi bisnis. Mengingat Supra bukanlah produk yang ditujukan sebagai volume maker. Makanya, pemakaian mesin hasil kerja sama dengan BMW menjadi keputusan yang paling masuk akal.

Tak hanya mesin, sistem transmisi otomatis 8-percepatan juga berasal dari BMW. Walau begitu, jantung pacu ini tetap di-tuning tim Toyota, guna menyesuaikan dengan desain mobil. Lantas berapa keluaran tenaganya? Toyota sendiri pernah mengonfirmasi, Supra terbaru punya daya lebih dari 300 Tk. Tetapi angka pastinya masih enggan dibeberkan. Bila melihat mesin 3.0 liter pada Z4 M40i yang meluncur duluan tahun ini, keluaran tenaganya sudah 382 Tk dan memiliki torsi 500 Nm. Bisa jadi tenaga Supra nanti melebihi angka itu.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Yang menarik, di samping mesin 6-silinder, diduga Toyota juga menghadirkan Supra dalam versi lebih murah. Spesifikasi mesinnya lebih kecil, 2.0 liter 4 silinder segaris dengan keluaran tenaga sebesar 262 Tk. Meski berbagai mesin dan beberapa komponen dengan Z4 M40i, kedua pabrikan meyakinkan masing-masing mobil memiliki karakter berbeda, khususnya dari segi penampilan.

Penampilan perdana Toyota Supra generasi kelima, memang tak lama lagi. Mobil sport Toyota itu, dipastikan memanfaatkan pameran Detroit Auto Show awal Januari. Memasuki detik-detik peluncuran, Toyota seolah ingin menggoda para penggemarnya. Belum lama ini, pabrikan mobil asal Jepang itu, merilis video lewat akun youtube resminya. Melalui video itu, Toyota memperdengarkan suara mesin terbaru Supra. Terlihat dalam video, Supra dipacu kencang sambil bermanuver. Namun, wujud dikaburkan sehingga tak terlihat bagaimana detail eksteriornya. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.