Sukses

Tips Modifikasi Buat yang Punya Budget Terbatas

Bagi Otolovers yang dananya terbatas, masih bisa kok membuat garang SUV kalian dengan budget ekonomis.

Liputan6.com, Jakarta - Modifikasi menjadi jalan keluar pemilik mobil yang bosan dengan tampilan standar pabrikan. Namun biasanya, untuk utak-atik wajah mobil ini bisa merogoh kocek hingga puluhan, bahkan ratusan juta.

Tapi tenang, bagi Otolovers yang dananya terbatas, masih bisa kok membuat garang SUV kalian dengan budget ekonomis. Komponen yang dibutuhkan pun sudah banyak dijual sebagai barang aftermarket atau bahkan hasil produksi pabrikan otomotif sendiri.

Menurut laman resmi Nissan Indonesia, bahkan sudah banyak aksesori yang pemasangannya lebih mudah. Karena rata-rata sudah menganut konstruksi bolt-on alias tanpa mengubah bodi. Berikut panduan memilih aksesori alternatif dengan harga terjangkau.

Bumper

Pilihan bumper untuk SUV kini sudah beragam dengan harga yang bervariasi, material pun tersedia aluminium alloy atau baja. Modelnya pun begitu, mulai dari minimalis hingga yang unik dengan tempat winch, lampu tambahan hingga high lift jacket.

Tak hanya bagian depan, bagian belakang juga mudah ditemukan. Desain pun ada yang sudah termasuk dengan dudukan tire hanger atau jerry can. Selain bumper, aplikasi overfender juga mampu membuat tampilan lebih maskulin.

Overfender juga bervariasi, mulai dari tipis hingga desain ala bolt-on dengan baut rivet. Bahannya sendiri menggunakan fiberglass atau plastik ABS yang harganya bervariasi, mulai Rp 2 jutaan hingga 4 jutaan. Sedangkan bumper dipatok mulai Rp 3,5 juta hingga Rp 6 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Shockbreaker

Alternatif penggantian sohockbreaker standar tipe oli dengan tipe gas biasanya bertujuan untuk mendapatkan peredaman lebih baik serta menunjang sektor estetikanya.

Di pasaran terdapat beberapa merek shockbreaker aftermarket tipe gas. Harganya berkisar Rp 1.5 juta hingga Rp 3 juta untuk sepasang.

Saat memilih shockbreaker perhatikan panjangnya. Jika panjang maksimum shockbreaker lebih panjang dari standarnya, maka daya redam shockbreaker justru berkurang, lantaran jarak main yang terlalu panjang. Sementara jika lebih pendek, maka membuat jarak main shockbreaker terbatas.

Roof Rack

Roof rack sangat berguna bagi yang ingin membawa barang lebih banyak. Pilihannya pun beragam, mulai dari sekadar roff rack sederhana hingga berukuran besar, tersedia material plastik dan aluminium.

Harganya mulai dari Rp 2 jutaan. Jika Otolovers hobi ekspedisi, tersedia juga model dengan dudukan lampu sorot tambahan.

Body Wrap

Khusus untuk yang ingin tampil ciamik, tapi tak ingin mengganti cat standar, bisa memilih body wrap. Pilihan warnanya beragam, mulai dof sampai motif camouflage.

Biaya untuk body wrap berkisar Rp 3,5 juta sampai Rp 5 juta, dengan lama pengerjaan sekitar 2 hari.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini