Sukses

Awas, Banyak Maling Ranmor Berkeliaran di Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun jadi masa untuk maling kendaraan bermotor bekerja. Banyak rumah ditinggal pemiliknya untuk pergi berlibur.

Liputan6.com, Jakarta Liburan akhir tahun jadi masa untuk maling kendaraan bermotor (ranmor) bekerja. Banyak rumah ditinggal pemiliknya untuk pergi berlibur.

Targetnya sudah pasti sepeda motor (jika berlibur menggunakan mobil), atau mobil dan motor (jika berlibur menggunakan transportasi umum).

 

Ada baiknya, kendaraan yang ditinggal di rumah dipersiapkan untuk ditinggal lama.

Nah, melalui akun Facebook-nya, Divisi Humas Polri memberikan tips bagaimana caranya agar kendaraan tak mudah digondol maling. Apa saja itu?

1. Parkir di tempat aman

Jangan parkir di tempat yang sepi, atau parkir yang tidak ada petugas parkirnya. Atau, parkir di dalam rumah atau tempat yang dapat dipantau orang lain.

2. Jangan tinggalkan kunci dan surat penting di motor

Beberapa pengendara masih suka meninggalkan surat kendaraan yang berharga seperti SIM dan STNK di jok. Kuncinya pun menempel di stop kontak. Hal ini sama sekali tidak dianjurkan karena akan kendaraan akan sangat mudah dicuri.

3. Simpan fotocopy STNK dan BPKB di tempat aman

Hal ini berguna jika seandainya kendaraan hilang. Akan lebih mudah dalam pembuatan duplikat surat-surat baru, atau sebagai barang bukti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Tambah kunci ganda

Gunakan kunci ganda, serta pakai kunci rahasia. Agar keamanan lebih baik, beli juga gembok khusus rem cakram ban depan (pada motor).

5. Tutup kunci magnet

Tutup kunci magnet saat motor diparkir. Ini berguna untuk meningkatkan keamanan kendaraan, atau minimal mempersempit kesempatan pelaku untuk membuka stop kontak.

6. Lapor

Tips terakhir adalah laporkan segera kepada petugas kepolisian terdekat jika kedapatan kendaraan hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.