Sukses

Tak Ada Toyota Fortuner, Ini Empat SUV Teraman di Indonesia

Selain tampilan dan harga, faktor yang menjadi pertimbangan adalah fitur yang diusung, serta keamanan mobil tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Selain MPV, salah satu jenis mobil yang diminati masyarakat Indonesia adalah SUV. Selain tampilan dan harga, faktor yang menjadi pertimbangan adalah fitur yang diusung, serta keamanan mobil tersebut.

Melalui ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), beberapa mobil sudah membuktikan seberapa amannya ia dengan menjalani serangkaian uji tabrak. Lalu apa saja SUV di Indonesia yang terbilang aman?

1. Nissan Terra

Menjadi pendatang baru di kelas large SUV memang sudah seharusnya Nissan Terra punya senjata yang diunggulkan. Penantang Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport ini ternyata mumpuni untuk soal keselamatan.

Diuji tabrak oleh ASEAN NCAP, Nissan Terra berhasil mengamankan rating 5-bintang.Nissan Terra dinyatakan aman untuk kategori perlindungan penumpang dewasa maupun anak-anak. Pengujian yang belum lama dilakukan ini berhasil berkat fitur Terra yang melimpah, di antaranya, blind spot technology, lane departure warning, dan intelligent rear view mirror.

2. Toyota Rush

Rating 5-bintang dari ASEAN NCAP juga diterima oleh Toyota Rush. Small-SUV milik Toyota ini berhasil melalui serangkaian uji tabrak ASEAN NCAP dan memiliki perlindungan untuk penumpang dewasa dan anak yang mumpuni.

Pengujian yang dilakukan pada Rush model tahun 2018 ini adalah kedua kalinya. Sebelumnya tahun 2015 Rush juga menjalani serangkaian tes, dan hasilnya hanya 4-bintang. Ini artinya, model teranyar Rush sudah mendapatkan peningkatan keselamatan melalui fitur yang diusungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Honda CR-V

Dilengkapi dengan Honda Sensing, CR-V bisa meminimalisir dampak dari kecelakaan. Hal ini dibuktikan dari uji tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP. Hasilnya, CR-V mendapatkan rating 5-bintang setelah melalui serangkaian uji tabrak dari depan ataupun samping.

Honda CR-V edisi tahun 2017 ini juga dilengkapi dengan fitur dual frontal airbags, ESC, 3-points seatbelt, seatbelt reminder untuk pengemudi dan penumpang depan. Di sisi sampingnya juga dilengkapi dengan airbag, dan blind spot technology.

4. Mitsubishi Pejaro Sport

Mitsubishi Pajero Sport model tahun 2017 juga mengikuti uji tabrak ASEAN NCAP untuk mengetahui seberapa amannya SUV andalan pabrikan berlambang tiga berlian ini. Ada dua varian yang diuji tabrak, yakni Pajero Sport dengan ESC dan tanpa ESC.

Varian dengan ESC mendapatkan rating sempurna, 5-bintang. Sedangkan varian tanpa ESC hanya mampu mendapatkan rating 4-bintang. Namun keduanya sama-sama meraih rating 4-bintang untuk kategori perlindungan penumpang anak.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.