Sukses

5 Persiapan Wajib untuk Touring Pergantian Tahun, Apa Saja?

Libur akhir tahun menjadi momen bagi bikers untuk melakukan perjalanan jauh atau touring, baik sendiri maupun bersama komunitas.

Liputan6.com, Jakarta - Libur akhir tahun menjadi momen bagi bikers untuk melakukan perjalanan jauh atau touring, baik sendiri maupun bersama komunitas.

Karena menempuh jarak yang relatif jauh dan membutuhkan waktu lama, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Simak tipsnya berdasarkan pengalaman tim Otosia.com saat mengikuti touring 'Iconic Ride' bersama PT Piaggio Indonesia beberapa waktu lalu:

1. Manajemen Waktu

Salah satu hal yang krusial adalah menentukan waktu keberangkatan sampai kembali tiba di rumah. Pasalnya, berkendara dengan terburu-buru dapat memperbesar risiko kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, penentuan waktu juga berpengaruh pada biaya dan barang-barang yang harus dibawa. Jika touring berkelompok, pastikan semua orang tidak memiliki kesibukan masing-masing.

2. Kenali Jalur

Sebelum berangkat, kenali terlebih dahulu jalur yang akan dilewati. Hal ini berpengaruh pada manajemen pengisian bahan bakar, waktu istirahat, dan makan.

Pengenalan jalur juga dapat membantu Anda untuk menentukan jalur alternatif seandainya jalan utama mengalami kemacetan atau pun perbaikan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Biaya

Persiapkan biaya yang cukup selama perjalanan. Dalam artian, Anda juga harus memiliki dana cadangan yang bisa diandalkan ketika sepeda motor tiba-tiba mengalami masalah.

Biaya ini juga termasuk pengeluaran penginapan, makan, dan tentunya bahan bakar. Pastikan juga ada dana tersisa untuk melakukan servis pasca touring.

4. Pakaian

Selain motor, kenyamanan saat touring juga dipengaruhi oleh pakaian. Usahakan, sesuaikan riding-gear dengan kondisi jalan dan cuaca yang akan dilalui. Persiapkan juga jas hujan dan pakaian ganti.

5. Sepeda Motor

Perjalanan jauh tentu akan lebih aman dan nyaman jika sepeda motor berada dalam kondisi terbaiknya. Karena itu, Anda perlu membawa tunggangan kesayangan ke bengkel untuk diperiksa.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.