Sukses

Jangan Sembarangan, Ini Waktu yang Tepat untuk Menyalakan Foglamp

Sebagian besar kendaraan yang beredar saat ini sudah dilengkapi foglam atau lampu kabut.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar kendaraan yang beredar saat ini sudah dilengkapi fog lamp atau lampu kabut. Namun, banyak pemilik kendaraan belum mengetahui fungsi lampu tersebut, dan empunya kendaraan boleh sembarangan menyalakan setiap waktu.

Seperti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia, selalu ada pengendara mobil yang dengan bangganya menyalakan lampu kabut pada malam hari, padahal ini salah kaprah. Bahkan yang lebih lucu, malah lampu utama tidak dinyalakan saat malam hari, melainkan hanya mengandalkan lampu senja dan lampu kabut saja.

Sebenarnya, sesuai dengan namanya lampu kabut, waktu yang tepat untuk menyalakannya saat jalanan sedang berkabut, atau sedang hujan lebat terlebih di malam hari, atau siang hari. Hal ini karena sorotan fog lamp cenderung melebar daripada pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan.

Fog lamp sendiri ada dua jenis, yaitu front fog lamp (lampu kabut depan) dan rear fog lamp (lampu kabut belakang). Front fog lamp dipasang di bumper depan bagian bawah sisi kanan dan kiri. Sementara rear fog lamp dipasang menyatu dengan lampu belakang mobil yang memancarkan warna merah terang.

Parahnya lagi adalah masih banyak ditemui di jalan ketika malam hari dengan kondisi tidak hujan dan tidak berkabut tapi lampu kabut belakang dinyalakan.

Hal ini justru membahayakan pengemudi di belakang, karena silaunya lampu rear fog lamp itu akan mengganggu pandangan dari mobil di belakang Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sayangnya pemilik mobil yang masih awam biasanya hanya tahu bahwa lampu kabut adalah aksesoris tambahan untuk membedakan fitur dan tingkat kemewahan sebuah mobil dibandingkan tipe yang lain.

Padahal fitur ini adalah suatu fitur wajib terutama jika mobil ini digunakan di daerah yang sering hujan dan berkabut.

Bagi mobil yang belum memiliki lampu kabut ini, disarankan untuk memasang lampu kabut dari aksesoris resmi pabrikan mobil.

Hal ini tentunya untuk mencegah pemasangan yang tidak presisi, atau malah mengganggu pengendara di depan karena sorotan lampu kabut yang sangat tajam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.