Sukses

Mini Cooper JCW 2019, Tetap Bertenaga dan Semakin Ramah Lingkungan

Varian terkencang Mini John Cooper Works (JCW) datang kembali menyapa penggemarnya untuk model 2019. Versi ini berbasis penyegaran Mini Cooper terakhir. Pengembangan dilakukan tidak untuk meningkatkan performa. Fokusnya hanya pada emisi gas buang.

Liputan6.com, Jakarta - Mini John Cooper Works (JCW) terbaru menyapa para pecinta hothatch dengan memperkenalkan model 2019. Fokus pengembangan model ini terdapat di sektor gas buang, tentu tanpa mengurangi kesenangan berkendara. 

Jadi efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang ditingkatkan. Itu semua dilakukan tanpa mengurangi tenaga mesin yang sudah galak. Caranya, dengan menambahkan filter ke dalam sistem exhaust sport. Untuk Mini JCW bertransmisi manual 6-speed menghasilkan emisi CO2 158-157 g/km dan 142-140 g/km untuk matik Steptronic 8-speed. Sedangkan Mini JCW Convertible menghasilkan 162-161 g/km (manual) dan 148-145 g/km (Steptronic).

Konsumsi bahan bakar tergolong irit jika menilik performanya yang kencang. Rentang 17,4 km/liter sampai 19,6 km/liter adalah klaim untuk kedua jenis transmisi. Partikel filter di exhaust turut menyumbang efisiensi bahan bakar semakin irit, tanpa mengurangi nada sport yang keluar dari ujung knalpot. Teknologi filter terbaru itu, diterapkan di seluruh lineup Mini bermesin bensin.

Mesin tidak dioprek sama sekali. Tetap mengandalkan jantung pacu BMW B48 4-silinder 2,0 liter TwinPower Turbo, yang menghasilkan tenaga 231 PS (227 Tk) dan torsi 320 Nm. Akselerasi 0-100 km/jam secepat 6,3 detik dan butuh 5,6 detik dari 80 ke 120 km/jam. Mini JCW Convertible sedikit lebih lambat dengan waktu 6,6 detik dan 6,1 detik.

Versi JCW punya orientasi ke arah balap ketimbang Mini Cooper S biasa. Paket JCW terdapat di banyak bagian mekanis untuk menghadirkan DNA balap yang memang ada di darah John Cooper. Suspensi sport lebih kaku untuk menciptakan kelincahan ibarat mobil go-kart. Lalu ditopang pula pelek alloy John Cooper Works 17 inci berbobot ringan dan sistem pengereman sport.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bagian eksterior tak mengalami ubahan juga. Tapi harus diakui, gaya khas JCW ditampilkan jauh lebih keren dari Cooper S standar. Desainnya mengacu facelift terakhir awal tahun ini. Mudah dikenali dari pola bendera Union Jack di lampu belakang. Lalu banyak ciri JCW tersemat. Mulai dari emblem dan memadukan warna dasar dengan stripping merah di bumper depan, kap mesin dan kelir sama di spion serta atap.

Logo JCW juga bertebaran di interior. Termasuk jok balap rancangan khusus untuk sensasi sport makin kental. Opsi personalisasi banyak tersedia, tidak hanya interior melainkan juga eksterior. Seperti Mini Yours Interior Style Piano Black untuk kabin dan Piano Black Exterior untuk beberapa detail tampilan luar. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.