Sukses

Pastikan Bawa 5 Tool Kit Ini Saat Touring

Bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh dengan roda dua dalam mengisi libur Natal dan pergantian tahun, selain kesiapan motor yang tidak boleh diabaikan adalah membawa kunci-kunci atau tool kit.

Liputan6.com, Jakarta - Berpergian ke luar kota atau pulang kampung biasa terjadi jelang perayaan Natal dan pergantian tahun. Khusus mereka yang melakukan perjalanan jauh dengan roda dua, selain kesiapan motor yang tidak boleh diabaikan adalah membawa kunci-kunci atau tool kit.

Hal ini perlu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, terutama terkait gangguan teknis kendaraan.

Menurut Dodi Sanjaya dari Tekiro, beberapa tool kit standar akan sangat berguna manakala motor mengalami kendala di mana tidak menemukan bengkel terdekat “Tool kit ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk menyelesaikan masalah pada sepeda motor kita,” buka Dodi.

Dodi pun menyebut sejumlah alat yang wajib dibawa saat berkendara jauh menggunakan sepeda motor. Berikut beberapa tool kit yang disarankan dibawa:

1. Tang

Saat perjalanan jauh, tang menjadi alat yang sangat penting bagi kita karena fungsinya yang sebagai pengganti tangan kita ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan. Contohnya, saat mesin motor panas, akan kesulitan bagi kita untuk membuka koil tanpa menggunakan bantuan alat.

“Tang bisa digunakan untuk membuka koil yang keras dan saat mesin masih panas. Selain itu tang juga dapat untuk memotong dan mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem,” terangnya.

2. Obeng

Obeng digunakan untuk mengencangkan dan melonggarkan baut. Untuk lebih praktis pilihlah obeng yang ujungnya berbentuk kembang (+) dan berbentuk minus (-) sekaligus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Kunci L

Saat ini sebagian besar sepeda motor yang ada, untuk membuka bautnya harus menggunakan kunci L di beberapa bagian tertentu, sehingga disarankan lebih baik Anda mempersiapkan kunci L agar lebih aman.

4. Kunci Pas

Kunci pas biasanya digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan baut/mur di sepeda motor. Penggunaan kunci pas seperti saat kita ingin mengencangkan rantai atau spion yang kendur. Biasanya kunci pas yang digunakan adalah kunci nomor 10, 12, 14, 17 dan 21.

5. Pisau lipat multifungsi

Kelebihan alat ini adalah bisa memiliki beberapa fungsi dalam satu alat. Perkakas ini dapat digunakan untuk pendukung tool kit kita saat sedang memperbaiki bagian kendaraan Anda yang berukuran lebih kecil dan susah dijangkau tool kit.

Karena perjalanan yang akan Anda lalui jaraknya cukup jauh, maka disarankan untuk membawa tool kit yang bagus kualitas dan kemampuannya.

Jangan sampai baut-baut sepeda motor kita malah slek akibat kualitas kunci-kunci yang jelek, atau bahkan tidak dapat membuka dan mengencangkan baut-baut secara maksimal saat diperlukan.

"Selain tool kit, ada baiknya membawa juga pelumas yang dapat digunakan untuk melumasi rantai supaya bisa awet dan tidak cepat putus. Perjalanan jauh bisa mengakibatkan umur rantai bisa cepat aus dan rusak, untuk itulah saya sarankan membawa chainlube," imbuh Dodi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini