MINI Moke, Mobil Dinas Kejaksaan dan Pertamina Zaman Dulu

Oleh Herdi Muhardi pada 16 Des 2018, 10:08 WIB
Diperbarui 16 Des 2018, 22:14 WIB
MINI Moke

Liputan6.com, Tangerang - Tampil menggemaskan karena bentuknya yang mungil membuat mobil merek MINI tergolong mudah diingat. Hadir sejak 1959, MINI kini menjelma jadi mobil premium yang keren dan dianggap jadi salah satu ciri kemapanan dalam kehidupan bersosial.

Namun tahukah Anda, mobil asal Inggris tersebut tak hanya memiliki desain boxy mirip kotak sabun. Tapi pabrikan British Motor Company (BMC) pernah membuat varian MINI bergaya jip.

 

Ya, MINI tersebut adalah Moke. Moke sejatinya dibuat untuk kendaraan militer dan diproduksi pada 1964-1993. Namun karena roda kecil dan ground clearance rendah, mobil ini tak disukai dan justru ditujukan untuk kendaraan pertanian.

Uniknya, menurut Peter Anugrah Co-Founder Indonesia Coopret Registry (salah satu komunitas MINI), Moke yang memiliki arti keledai ini saat masuk Indonesia di tahun 60-an akhir digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintahan.

“Yang pakai Pertamina dan Kejaksaan RI, tapi itu dulu,” ucap Peter mengawali pembicaraan saat ditemui Liputan6.com di acara Indonesia MINI Day 2018 di QBig, Bumi Serpong Damai (BSD) City, Tangeran Selatan, Sabtu (15/12/2018).

 

2 of 2

Selanjutnya

MINI Moke
MINI Moke, mobil ini sempat digunakan sebagai armada dinas pegawai Pertamina dan Kejasaan Negeri. (Herdi Muhardi)

Dia menyatakan, MINI Moke ini masuk Indonesia hanya berjumlah sekita 150-an unit. Namun seiring berjalan waktu, mobil tersebut tak lagi dipakai dan akhirnya banyak yang tak tahu keberadaannya.

“Ia sama seperti dulu banyak yang pakai VW Safari. Tapi sekarang tidak tahu ke mana,” ucap Peter.

Peter tak menampik, MINI Moke dengan balutan warna oranye tersebut telah mengalami berbagai restorasi, terutama dengan bagian bodi, tiang kaca, atau tiang-tiang untuk penyanggah dari bahan kain kanvas.

Maklum, jika melihat mobil tersebut, memang tidak menggunakan material besi di setiap dinding seperti mobil pada umumnya. Karena itu, di daratan Amerika, mobil ini lebih dimanfaatkan sebagai mobil boogie pantai.

Kata Peter, MINI Moke yang satu ini merupakan milik salah satu anggota ICR yang beralamat di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Mobil tersebut, lanjut dia, dimiliki sebagai barang hobi dan hanya digunakan jarak dekat.

Lanjutkan Membaca ↓