Sukses

Daftar Kota di Indonesia yang Paling Peduli Keselamatan di Jalan Raya

Kasus kecelakaan di jalan raya memang terus turun setiap tahun. Namun, jumlahnya masih terbilang cukup tinggi, dan diperlukan diperlukan partisipasi dan kolaborasi semua pihak untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kasus kecelakaan di jalan raya memang terus turun setiap tahun. Namun, jumlahnya masih terbilang cukup tinggi, dan diperlukan diperlukan partisipasi dan kolobarasi semua pihak untuk mewujudkan zero accident di Indonesia.

Melihat kondisi tersebut, dan berbekal visi dan misi Adira Insurance melalui kegiatan CSR yang dimiliki, yaitu kampanye I Wanna Get Home Safely! (IWGHS), diadakanlah ajang penganugerahan bertajuk Indonesia Road Safety Award (IRSA).

Setelah sukses diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, penganugerahan IRSA kembali digelar untuk keenam kalinya.

Sejak awal penyelenggaraan IRSA merupakan bentuk kolaborasi dan sinergitas dengan lima pilar keselamatan jalan di Indonesia.

Dijelaskan Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance, mengungkapkan IRSA didukung penuh oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) sebagai koordinator lima pilar keselamatan jalan.

"Harapannya kolaborasi yang terjalin ini dapat mendorong pelaksanaan penerapan program keselamatan jalan yang baik dan menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia," jelas Julian, saat penganugerahan IRSA, di JW Marriot, Kamis (13/12/2018).

Tahun ini, tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018. 23 finalis terpilih, berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya melalui tahap shortlisting.

Penilaian IRSA mengacu pada lima pilar keselamatan jalan, yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan penanganan pra dan pasca kecelakaan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut pemenang IRSA 2018:

Berikut pemenang IRSA 2018:

1.Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi.

•Pemenang Utama : Kota Bandung

2.Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

•Pemenang Utama : Kota Samarinda

3.Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi

•Pemenang Utama: Kabupaten Pacitan

4.Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah

•Pemenang Utama: Kabupaten Bangka

5.Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2017”

•Pemenang Utama: Kota Semarang

6.Penghargaan Khusus

•Kota/kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan: 

Kota Bandung

7.The Most Inspiring City in Road Safety

•Kota Surabaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.