Sukses

Risiko Besar Ganti Head Unit Tanpa Perhitungan

Tidak sedikit pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan kualitas sistem entertainment bawaan pabrik.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit pemilik mobil yang merasa kurang puas dengan kualitas sistem entertainment bawaan pabrik. Akhirnya mereka menggantinya dengan produk aftermarket.

Tapi ternyata, penggantian head unit ini justru berbahaya jika tanpa perhitungan. Menurut Hyundai Indonesia, mengganti head unit memang terlihat mudah karena tinggal melepas dan memasang yang baru pada dasbor.

Tapi mobil-mobil masa kini menggunakan rangka sendiri untuk head unit-nya. Dan hal ini tak bisa semudah melepaskan dan mengganti head unit.

Pemasangan head unit mobil harus memperhatikan semua kabel dan soket yang ada. Instalasi harus dilakukan dengan benar, agar tidak terjadi hubungan pendek, yang dalam kondisi terburuk memungkinkan terjadi kebakaran.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengaturan audio dari setir. Jika head unit diganti dengan produk aftermarket, maka berisiko audio steering control tidak bisa berfungsi normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Hyundai juga menyebutkan bahwa tak semua mobil mudah untuk dikoneksikan dengan steering control, dari head unit ke setir.

Hal lain yang tak kalah penting adalah jika sembarangan melepas dan memasangnya, bisa menghanguskan garansi mobil itu sendiri.

Sebab, head unit ini bersangkutan dengan sistem kelistrikan yang memiliki risiko cukup besar jika asal pasang.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini