Sukses

5 Fitur yang Wajib Dimiliki Toyota Avanza 2019, Apa Saja?

Gosip kehadiran Toyota Avanza terbaru di tahun depan sudah beredar luas. Meskipun demikian, pihak Toyota Indonesia belum memberikan informasi resmi terkait hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Gosip kehadiran Toyota Avanza terbaru di tahun depan sudah beredar luas. Meskipun demikian, pihak Toyota Indonesia belum memberikan informasi resmi terkait hal tersebut. Multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota ini, memang sudah lama tak mendapatkan pembaruan total. Generasi keduanya saja sudah memasuki tahun ketujuh pada 2018 ini. 

Bila jadi diluncurkan, Toyota harus meramu Avanza sebaik-baiknya. Pasalnya, saat ini pemain di segmen MPV semakin banyak menawarkan beragam keunggulan. Nah, kali ini Oto mencoba mengulik fitur apa saja yang seharusnya dibenamkan ke Avanza terbaru.

1. Enam Airbag

Berkaca pada Rush terbaru yang sudah dilengkapi 6 airbag. SUV ini mampu menjaga harganya tetap stabil. Harusnya Avanza bisa mengikuti jejak Rush, memperkuat sektor keselamatan, pengemudi dan penumpang di seluruh baris terlindungi. Avanza pun memiliki poin lebih yang mampu menggoda konsumen untuk membelinya.

2. Stability control dan Brake Assist

Avanza, dikenal sebagai mobil yang memiliki manuver lincah. Tetapi mobil sejuta umat ini tak didukung stability control. Padahal, fitur ini sangat membantu dalam menjaga keselamatan berkendara. Mobil dapat terhindar dari bahaya slip karena tenaga terdistribusi secara dinamis ke roda mengikuti kebutuhan traksi.

Fitur pendukung keselamatan lainnya, brake assist (BA). Adanya BA membantu rem ABS untuk bekerja lebih optimal menghindari insiden. Fitur ini berfungsi membantu pengereman, bahkan secara otomatis mampu mengaplikasikan rem saat terdeteksi adanya pelepasan pedal gas tiba-tiba, yang menandakan adanya bahaya terjadi.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lampu LED dan DRL

Penguatan sektor penerangan tak hanya menguntungkan dari sisi fungsional. Penggunaan LED juga dapat meningkatkan tampilan Avanza. Baik lampu depan dan belakang bisa dimanipulasi desainnya tanpa batas. Daytime running light (DRL) juga perlu menjadi pertimbangan Toyota. Ini merupakan fitur pasif yang berkontribusi menjaga keselamatan, baik pengemudi itu sendiri maupun pengguna jalan di sekitar. Sebenarnya, Avanza pernah mendapatkan imbuhan DRL, namun waktu itu Toyota menghadirkannya sebagai edisi terbatas.

4. Smart Key

Teknologi tanpa anak kunci untuk mengakses mobil (Smart Key), sudah banyak digunakan pabrikan mobil di Indonesia. Toyota sendiri juga punya model yang mengusung fitur ini, contohnya Rush. Kehadiran keyless di Avanza terbaru tentunya menarik. Fitur ini biasanya disandingkan dengan teknologi start stop engine. Pengemudi jadi lebih mudah menyalakan dan mematikan mesin dengan sentuhan satu jari.

5. Cruise Control

Fitur ini bisa menjadi pertimbangan bagi Toyota sebagai bekal Avanza. Cruise control bukan lagi barang mewah. Tengok saja Mitsubishi Xpander Ultimate yang Oktober lalu sudah dilengkapi peranti itu. Penggunaannya membantu pengemudi berkendara di jalan bebas hambatan. Apalagi jika perjalanannya cukup jauh, rasa lelah pada kaki pengemudi bisa diminimalisir karena mobil berakselerasi secara otomatis mengikuti batas kecepatan yang ditentukan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.