Sukses

Ford Fiesta R2, Tampangnya Biasa tapi Bertenaga Buas

Ford Fiesta R2 terbaru resmi diperkenalkan. Hatchback hasil kolaborasi Ford dengan M-Sport ini disebut sebagai mobil rally pertama yang dibangun sesuai peraturan R2 terbaru FIA.

Liputan6.com, Jakarta - Ford Fiesta R2 terbaru resmi diperkenalkan. Hatchback hasil kolaborasi Ford dengan M-Sport ini disebut sebagai mobil rally pertama yang dibangun sesuai peraturan R2 terbaru FIA.

Menariknya, mobil untuk rally dirancang dan dikembangkan sepenuhnya di fasilitas M-Sport di Krakow, Polandia. Mesinnya cuma satu liter (1.000 cc), tapi tenaganya buas.

Sebagai mobil petarung, rombakan utama difokuskan pada sektor mesin, transmisi dan suspensi. M-Sport meramu ulang mesin EcoBoost tiga silinder turbocharged 1,0 liter, hingga tenaga meningkat drastis menjadi 200 Tk pada 6.500 rpm.

Padahal pada versi Fiesta regular, hanya punya lontaran 125 hp. Besaran output torsi puncak Fiesta R2 juga meningkat menjadi 290 Nm (214 lb-ft) pada 4.000 rpm. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan model biasa yang hanya 170 Nm.

Untuk menggerakkan roda, tenaga mesin bensin ini lalu disalurkan melalui gearbox lima-percepatan (sequential) yang bisa disesuaikan. Tentunya dengan limited-slip differential agar memberi traksi ekstra saat menikung. Meski tak melansir kemampuan akselerasi, mereka mengatakan Fiesta R2 bisa melesat kilat.

Lanjut soal desain eksterior. Betul, sekilas fisiknya sama dengan Fiesta yang sempat diniagakan di Indonesia. Namun Fiesta R2 punya dua pintu depan saja. Dan ubahan eksterior jua tak terlalu mencolok.

Bodi dikelir abu-abu tua dengan sentuhan sedikit tarikan garis keemasan. Di atas bonet, tertera logo besar R2 untuk menegaskan nilai sporty.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurut tuner, Fiesta R2 juga mengadopsi beberapa ubahan yang membuatnya melesat lebih kencang, lincah dan daya tahan lebih kuat, agar dapat bersaing dalam ajang rally. Sebenarnya, Ia memiliki sedikit kesamaan dengan pendahulunya. Sebab M-Sport melihat Fiesta WRC saat ini sebagai inspirasi penyempurnaan.

Nah, untuk mengimbangi tenaga besar dan menjaga stabilitas, Fiesta R2 menggunakan formulasi suspensi baru. Ubahan mencakup peredam Reiger yang dapat disesuaikan (tiga arah di suspensi depan dan dua arah di belakang).

Selain itu, suspensi diperkuat dengan per Eibach, bikinan Jerman. Per tersedia dengan pengaturan keras atau lembut dan opsi anti-roll bar. Jadi perpaduan ini bisa membantu pengemudi menemukan pengaturan yang tepat, sesuai dengan track atau lintasan yang dituju.

Tak kalah penting, sistem pengereman. Untuk menghela laju kendaraan, M-Sport memakai kaliper balap dan cakram Alcon yang terkenal kuat. Sedangkan cakram depan berventilasi pakai merek AP Racing. M-Sport meracik Fiesta R2 dengan berbagai ubahan. Mobil siap terjun di ajang FIA Junior WRC Championship pada musim mendatang.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.