Sukses

Yuk Belajar, Ini Jenis-Jenis Mesin yang Perlu Diketahui

Nah, sebagai pemilik mobil, menjadi penting jika mengerti mesin. Pasalnya, masih banyak empunya mobil yang memang tidak mengerti jantung penggerak ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, kendaraan merupakan kebutuhan yang cukup penting, terutama mobil. Selain sebagai gaya hidup, mobil merupakan alat mobilitas yang cukup banyak digunakan, baik untuk jarak dekat maupun jauh.

Nah, sebagai pemilik mobil, menjadi penting jika mengerti mesin. Pasalnya, masih banyak empunya mobil yang memang tidak mengerti jantung penggerak ini, padahal jika setidaknya tahu soal mesin, bisa menjadi nilai tambah.

Berikut, beberapa jenis mesin mobil yang harus diketahui, seperti dilansir Daihatsu Indonesia:

1) External Combustion

Mesin yang satu ini, adalah mesin yang memanfaatkan hawa panas dari sisa pembakaran untuk mengonversi air atau cairan lainnya untuk menjadi uap. Uap yang dihasilkan dari konversi tersebut, bakal disalurkan dalam bentuk tenaga pemutar turbin.

Mesin ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil pada jaman dahulu, dan sekarang mesin tersebut banyak dipakai untuk kereta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2) Internal Combustion

Mesin yang satu ini melakukan pembakaran di dalam silinder mesin. Cara memanfaatkan tenaganya mirip dengan External Comnustion, yaitu dengan menggunakan suhu bertekanan tinggi yang dihasilkan dari kombusi di dalam silinder. Setelah itu, hasilnya bakal tenaga untuk menggerakan piston yang digunakan untuk menggerakan roda.

Lalu, apa itu piston? Piston adalah sebuah perangkat yang bergerak fleksibel di dalam silinder dan berguna untuk menyalurkan kekuatan ke crankshaft dengan bantuan connecting rod.

Tipe mesin yang satu ini membutuhkan bahan bakar cair ataupun gas seperti bensin ataupun solar. Manfaat yang didapat ketika menggunakan mesin Internal Combustion ini adalah kombusi di dalam mesin lebih ramah dan hemat dibandingkan dengan external combustion.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3) Mesin Tak

Mesin Tak, adalah jenis mesin yang bekerja berdasarkan pukulan atau stroke (Tak). Mesin yang menggunakan tak ini terbagi menjadi dua, yaitu mesin 2-Tak dan 4-Tak.

Mesin dua tak, atau bisa disebut juga two stroke adalah mesin yang menghasilkan torsi lebih banyak. Jadi, biasanya kendaraan dengan mesin dua tak memiliki tekanan yang cukup tinggi atau bisa dibilang tendangannya lebih kencang dibandingkan dengan mesin 4-Tak.

Sedangkan mesin 4-Tak, adalah bukti dari berkembangnya teknologi permesinan. Mesin empat tak ini memiliki ciri piston yang bergerak naik turun di dalam silinder mesin sebanyak dua kali.

Mobil bermesin empat tak ini biasanya memiliki kecepatan dan ketahanan mesin yang lebih unggul dibandingkan dengan mesin 2-Tak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini