Sukses

Sambangi Workshop Legendaris di Jerman, Builder Indonesia Dapat Banyak Inspirasi

Rrombongan Suryanation Motorland yang terdiri dari builder Tanah Air berkesempatan berkunjung ke Fred Kodlin Motorcycles yang berbasis di kawasan Hessen, Jerman.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela Custombike Show 2018 di Bad Salzuflen, Jerman, rombongan Suryanation Motorland yang terdiri dari builder Tanah Air berkesempatan berkunjung ke Fred Kodlin Motorcycles yang berbasis di kawasan Hessen, Minggu (2/12).

Untuk bisa sampai ke markas salah satu builder legendaris di Jerman itu, rombongan harus menempuh perjalanan selama dua jam Bad Salzuflen.

Fred Kodlin Motorcycles sendiri didirikan sejak awal 1980-an. Tak heran, Fred Kodlin Motorcycles dianggap sebagai salah satu builder senior di Jerman bahkan Eropa.

Menurut Rizky Dwianto, Suryanation Motorland Committe, perjalanan tim kali ini untuk memberikan pengalaman dan kesempatan berharga bagi peserta karena dapat berdiskusi langsung dengan salah satu builder senior di Eropa.

“Sambutan yang diberikan pada saat kami berkunjung pun sangat luar biasa dan mereka tampak antusias berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai dunia custom” ujar Rizky dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Senin (3/12/2018).

Perjalanan Fred Kodlin dalam membangun bisnisnya sangat menginspirasi. Sebab, dunia kustom dapat menjadi sebuah perusahaan besar dan bisa menjadi acuan bagi builder Indonesia untuk mulai mengembangkan bisnisnya sampai ke luar negeri.

Di dalam area workshop, tim Suryanation Motorland tidak hanya melihat display motor-motor kustom yang sudah pernah dibuat, tetapi juga diajak melihat langsung workshop-nya yang sudah dilengkapi perangkat canggih membuat motor kustom mulai dari mesin CNC hingga mesin khusus untuk melakukan dyno test

"Saya beruntung sekali bisa datang ke sini, motor yang dibuat di sini hampir seluruh part-nya dibuat sendiri dengan mangandalkan mesin CNC. Untuk segi finishing motor motor Fred Kodlin ini sangat keren dan akhirnya banyak desainnya yang yang jadi trendsetter di dunia motor kustom," ujar Rizaldi Parani, salah satu peserta perjalanan ini.

Sementara itu, Bimo Hendrawan salah satu juri suryanation motorland yang sudah lama mengenal dunia kustom Eropa mengatakan, meski mengerjakan motor kustom kategori ekstrim, builder Eropa tetap mempertahankan unsur utama pada sepeda motor.

"Setiap builder dunia yang saya tahu pada saat mereka membuat motor yang terbilang extreme mereka tetap memperhatikan unsur keamanan, harus laik jalan dan juga mentaati regulasi yang ada. Ini bisa menjadi salah satu acuan bagi builder Indonesia ketika mereka membuat karya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fred Kohlin Motorcycles

Sekadar informasi, Fred Kohlin Motorcycles pertama kali berdiri dengan nama Chopperschmiede, dan sang pencetusnya tak lain adalah Fred Kodlin.

Fred tak langsung memiliki ketenaran seperti saat ini, namun dirinya juga membangun brand hingga akhirnya menjadi sebuah perusahaan kustom.

Bahkan dia bercerita, sebelum menekuni dunia kustom, dirinya sempat menjalani magang sebagai tukang ledeng pemanas dan pada 1985, hingga akhirnya dia memperoleh sertifikat master craftsman sebagai ahli pandai besi dan mekanik roda dua.

Pada awal 1990-an, ia memulai peruntungannya dengan memperluas cakupan bisnisnya sampai ke Amerika Serikat. Perjuangannya membesarkan bisnisnya mulai membuahkan hasil antara 1986-1994, dimana ia berhasil mengimpor sekitar 300 sepeda motor Harley-Davidson untuk mulai menjadi distributor di Jerman.

Melihat adanya peluang yang terus berkembang ia mulai membuat rangka sepeda motor di rumah pada 1998. Pada 1999 rangka yang mereka buat mendapat sertifikasi oleh Asosiasi Inspeksi Teknis setempat dan ini membuat perusahaannya terus berkembang.

Fred yang kini mengesahkan brandnya menjadi Kodlin Motorcycles sudah membuat beberapa parts after market khusus custom antara lain: Roda tanpa axl hub, rem visible, sistem transmisi, roller, part lain seperti kabel dan pulley dan juga proses optikal Desain Airbrush yang merupakan fitur desain andalan khas motor buatan Kodlin.

Saat ini ia juga sudah mulai membuat apparel Kodlin Motorcycles walaupun hanya baru sebatas membuat produk fashion seperti T Shirt, Kemeja Hoodie dan juga Jaket

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini