Sukses

Mesin Mobil Tak Mau Hidup, Mungkin Ini Masalahnya

Ketika electric starter sepeda motor tidak berfungsi, kita masih bisa memanfaatkan kick starter yang ada. Untuk beberapa motor, kick starter juga tidak ada.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika electric starter sepeda motor tidak berfungsi, kita masih bisa memanfaatkan kick starter yang ada. Untuk beberapa motor, kick starter juga tidak ada, menghidupkan mesin dengan cara mendorong motor jadi andalan terakhir.

Lantas bagaimana dengan mobil? Tak ada starter selain electric starter, didorong pun merupakan kondisi sulit dilakukan tak seperti sepeda motor. Cara kerja starter mobil pada dasarnya dengan menggunakan tenaga listrik dari aki mobil untuk menghidupkan dinamo starter. Dinamo akan memutar poros engkol mesin. Tentunya, jika dinamo starter tak berfungsi maka sangat menyulitkan.

Coba cari tahu penyebabnya dulu saat starter rusak. Mengutip laman resmi Daihatsu Indonesia, pertama coba ingat apakah kita terlalu memaksakan dinamo bekerja?

Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab rusaknya starter. Sebab terlalu memaksa kerja dinamo padahal mesin tidak mau menyala, bisa membuat dinamo panas.

Kondisi panas itu berpotensi membakar komponen-komponen lain pada mesinnya. Berilah waktu dinamo sampai dingin beberapa menit, kemudian coba kembali.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Lain

Hal lain yang bisa menjadi alasan dinamo starter tak berfungsi adalah karena habisnya carbon brush pada bagian dinamo starter. Tanda-tandanya adalah, putaran dinamo yang melemah dan muncul suara-suara aneh saat distarter.

Penyebab lainnya, mungin ada masalah pada bagian aki mobil. Masalah itu disebabkan oleh lemahnya suplai listrik dari aki ke bagian dinamo mobil. Ceklah bagian aki mobil secara berkala supaya hal-hal seperti itu tak terjadi.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.