Sukses

GM Siap Suntik Mati 6 Sedan Andalan

Konsumen Amerika Utara khususnya, kini tak lagi menggemari sedan, melainkan sosok Sport Utility Vehicle (SUV), crossover, hatchback dan truk.

Liputan6.com, Jakarta Raksasa otomotif General Motors akan menyetop produksi enam mobil sedannya pada akhir 2019. Hal ini dikarenakan konsumen di Amerika Utara khususnya, kini tak lagi menggemari sedan, melainkan sosok Sport Utility Vehicle (SUV), crossover, hatchback dan truk.

Niatan menyesuaikan diri dengan prilaku pelanggan di masa depan, GM juga berencana akan menutup lima fasilitas pabrik sedan. Artinya, akan ada pemecatan karyawan yang cukup banyak.

 

Penutupan pabrik tersebut, dikabarkan sebagai transisi GM untuk mewujudkan mobil otonom dan kendaraan listrik di masa depan.  Demikian dilansir CNN Business, Sabtu (12/1/2018).

Adapun dengan ditutupnya pabrik GM, maka ada juga enam model sedan yang siap disuntik mati akhir 2019 mendatang, antara lain:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Buick LaCrosse

Sedan yang satu ini selama Januari-September 2018 hanya terjual 13.409 unit atau turun 14,2 persen.

Rencananya, pabrik pembuatan Buick akan bergeser memproduksi crossover. Adapun crossover seperti Encore dan Enclave saat ini justru mengalami kenaikan. 

 

3 dari 7 halaman

2. Cadillac CT6

Selama periode Januari - September 2018, sedan premium ini terjual 7.270 unit atau turun 10,6 persen. Penghentian produksi untuk model Cadillac ini sangat mengejutkan karena mobil tersebut tergolong memiliki teknologi tinggi, termasuk kepemilikan semi otonom. Kendati begitu, Cadillac model ini masih tidak populer.

 

4 dari 7 halaman

3. Cadillac XTS

Penjualan sedan XTS selama Januari-September mencapai 12.664 unit angka ini turun 15,9 persen. Mobil yang biasa jadi langganan perusahaan taksi dan limosin juga sebenarnya telah melakukan pembaharuan desain agar penjualannya ikut terkerek naik.

Namun sayang, model satu ini jadi yang paling menyakitkan dibunuh karena salah satu perfoma lebih baik dalam sembilan bulan pertama di 2018.

 

5 dari 7 halaman

4. Chevrolet Cruze

Cruze, pada dasarnya jadi sedan terlaris dari Chevrolet. Namun pada Januari-September 2018 penjualanya hanya mencapai 109.662 unit atau turun 26,5 persen. 

Bahkan mobil ini ini sempat dinobatkan jadi paling tinggi mobil compact pilihan Consumer Reports pada 2017.

 

6 dari 7 halaman

5. Chevrolet Impala

Mobil yang mencomot nama binatang Impala ini penjualanya pada Januari-September 2018 sebanyak 43.952 unit atau turun 13,4 persen. Uniknya, sebelum disuntik mati, mobil ini juga sempat mengalami perbuahan dan mendapatkan penghargaan dari Consumer Reports pada 2018.

Selain itu, mobil ini juga disebutkan menjadi salah satu mobil terlaris Chevrolet. 

 

7 dari 7 halaman

6. Chevrolet Volt

Mobil ini telah terjual pada Januari-September 2018 sebanyak 13.243 unit. Namun angka tersebut ternyata turun 13,7 persen.

Volt sendiri merupakan sedan bermesin  hybrid dan plug in listrik. Akan tetapi di pasaran, mobil ini kalah pamor dan Chevrolet justru lebih banyak mempromosikan Bolt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.