Honda Accord Terbaru Meluncur, Desainnya Semakin Agresif

Oleh Liputan6.com pada 30 Nov 2018, 15:05 WIB
Diperbarui 17 Des 2018, 16:01 WIB
Honda Accord generasi ke-10

Liputan6.com, Bangkok - Meskipun sedan tak lagi menjadi primadona, Honda tetap bersemangat untuk memperkenalkan Accord generasi terbaru.  Sedan yang terlahir sebagai rival Toyota Camry ini dikenalkan pada Thailand International Motor Expo 2018.

Accord generasi kesepuluh mengadaptasi sebagian besar dari model di Amerika Serikat. Bentuknya pun mirip Civic yang ada di Indonesia.

Kalau eksterior ditelisik, Honda Accord Thai-spec menyisipkan lampu LED yang sipit dan melebar. Genre tampilannya bak model coupe. Tarikan garis dari muka hingga ke belakang mengalir lembut. Dari atap mobil hingga begian ekor langsung menyatu. Kami sangat suka dengan desain yang makin rupawan ini. Kebetulan Honda Indonesia masih impor sedan dari sana. Kemungkinan desain eksterior sama atau persis dengan yang ditawarkan untuk pasar Thailand.

Honda Accord 10-th Gen mengadopsi beberapa spesifikasi mesin. Dimulai dari pilihan mesin turbo i-VTEC 1,5 liter, yang bersumber dari Civic. Namun, tidak seperti Civic regular, mesin 1,5 liter dilakukan tune-up sehingga membuat tenaga lebih besar, 191 Tk. Kalau dibandingkan, Civic turbo hanya punya daya 169 Tk.

Pilihan kedua, unit power 2,0 liter baru. Tetap sama, dibubuhi dorongan turbocharged. Namun pada dasarnya, meminjam dari mesin Civic Type R. Setelah diracik ulang, Accord 2,0 liter ini mampu memompa tenaga 252 Tk.

Pilihan transmisinya pun ada dua. Mesin 1,5 liter dipadukan dengan transmisi CVT. Sementara pilihan mesin 2,0 liter mendapat transmisi otomatis 10-speed. Tapi sorotan utamanya pada model Accord hybrid, yang ditampilkan selama gelaran.

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dengan julukan sporty hybrid, ia memiliki teknologi yang disebut Honda Intelligent Multi Mode Drive atau i-MMD. Hasilnya, output daya yang lebih tinggi dari yang Anda temukan di Accord turbo 1,5 liter. Dengan motor listrik dan mesin bensin yang bekerjasama, Accord Hybrid menghasilkan power 209 Tk.

Tetapi mungkin inovasi terbesar dalam sejarah Accord Hybrid adalah, ia tidak menggunakan transmisi konvensional. Sebaliknya, ia memiliki sistem penggerak tunggal langsung, yang mengirim daya ke roda mobil tanpa perlu transmisi. Bahasan mengenai sistem unik ini akan kami sajikan di artikel terpisah.

Bagaimana dengan pasar Indonesia? Agaknya kecil kemungkinan model hybrid meluncur di sini. Namun, yang lebih pasti, dua mesin turbocharger. Jika Anda penggemar sedan kelas menengah, Anda mungkin harus sabar menunggu sedikit lebih lama untuk tiba di sini. Sebagai informasi, Accord generasi anyar baru diniagakan di showroom Thailand awal tahun depan. Sehingga mungkin tiba di sini di sekitar kuartal kedua 2019.

Sumber: Oto.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓