Sukses

Mengintip Kecanggihan Mazda3 Terbaru

Mazda resmi memperkenalkan Mazda3 terbaru. Perubahan meliputi penampilan, kelengkapan, dan performa. Mazda3 generasi baru juga jadi debut mesin fenomenal Skyactiv-X racikan manufaktur.

Liputan6.com, Jakarta - Mazda resmi memperkenalkan Mazda3 terbaru. Perubahan meliputi penampilan, kelengkapan, dan performa. Mazda3 generasi baru juga jadi debut mesin fenomenal Skyactiv-X racikan manufaktur.

Hadir dalam pilihan sedan dan hatchback, Mazda3 baru membawa bahasa desain Kodo generasi terbaru. Ada detil dari Kai Concept yang pernah diungkap pada 2017 lalu, meski tidak sepenuhnya sama. Paling terlihat dari model hatchback yang kuat aura sporty-nya. Di bagian depan, versi sedan dan hatchback terlihat identik. Dari wajah, grille besar punya pola sulaman yang berbeda antara sedan dan hatchback. Namun layout keseluruhan tetap sama. Lampu sipit mengapit grille dengan logo Mazda mengambang di tengahnya. Bagian wajah nampak bersih, minimalis dengan tetap berkarakter dinamis.

Tampilan samping terlihat lekukan desain menawan yang terinspirasi dari Vision Coupe. Pada pilar-C jelas nampak perbedaan model sedan dan hatchback. Sementara di buritan, model hatchback lebih minim sudut dan ada sayap kecil di atas. Untuk kedua model sudah dibekali dua corong knalpot.

Bagian interior memakai filosofi "less is more" sebagai bagian dari desain Kodo generasi kedua. Maknanya, kabin jadi lebih minimalis tapi tetap memberikan yang terbaik. Bagian dasbor tersimak sangat bersih, dengan layar infotainment 8,8 inci mencuat di bagian tengah. Terpisah dari layar infotainment, ada tombol-tombol pengatur AC. Posisinya segaris dengan ventilasi AC bagian penumpang depan. Sedang konsol tengah menaungi kontrol untuk infotainment, tuas transmisi, tombol mode berkendara dan armrest besar.

Untuk bagian pengemudi, ventilasi AC ditempatkan di kedua sisi panel instrumen. Pilar-A disajikan lebih kecil untuk mengurangi blind spot dan meningkatkan visibilitas. Sedang posisi tuas transmisi ditinggikan dan lebih dekat dengan kemudi. Tujuannya, agar akses antara lingkar kemudi dan tuas transmisi bisa lebih cepat. Ini terasa signifikan ketika memilih transmisi manual pada Mazda3 baru.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ya benar, ada pilihan transmisi manual 6-speed selain dari otomatis 6-speed. Meski tak dijelaskan untuk varian tipe apa. Karena Mazda3 baru ditawarkan dalam empat pilihan mesin. Skyactiv-G 1.5, 2.0 dan 2.5 liter yang sudah disetel ulang dari generasi sebelumnya. Ada juga pilihan Skyactiv-D 1.8 dan Skyactiv-X. Sayangnya belum dipaparkan soal angka performa mesin. Yang menarik, perdana pada generasi baru Mazda3 punya sistem gerak empat roda AWD. Kombinasikan dengan G-Vectoring Control Plus yang sebelumnya sudah hadir pada Mazda CX-5 terbaru.

Di balik kulit dan bodi Mazda3 anyar ada rangka yang disebut Skyactiv-Vehicle Architecture. Diklaim oleh manufaktur, rangka itu memberi rasa berkendara alami layaknya berjalan menggunakan kedua kaki. Bisa dibilang lebih canggih dari filosofi Jinba Ittai sebelumnya. Selain lebih rigid, rangka didukung suspensi McPherson strut di depan dan torsion beam di belakang, menggantikan multi-link pada model sebelumnya.

Dengan rangka baru, dimensi juga disesuaikan. Mazda3 anyar model hatchback sedikit lebih pendek dan rendah bodinya, namun lebih lebar. Sedang model sedan, lebih panjang, lebar dan tinggi. Keduanya punya jarak sumbu roda 2.725 mm, bertambah 25 mm dari Mazda3 lama.

Mazda3 baru juga menawarkan bantuan pengemudian canggih. Ada sistem Cruising & Traffic Support yang merupakan cruise control versi pelan untuk lalu lintas padat. Contoh lain, sistem Driver Monitoring, yang memanfaatkan sensor infra merah dan LED untuk observasi kondisi pengemudi.

Informasi lengkap lainnya bakal dirilis belakangan. Rencananya, Mazda3 baru bakal dilepas ke pasar global pada awal tahun depan, dimulai dengan pasar Amerika Serikat. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.