Yamaha Anggap Kemunculan Honda Forza Berkah Buat Xmax

Oleh Herdi Muhardi pada 20 Nov 2018, 08:06 WIB
Diperbarui 20 Nov 2018, 23:15 WIB
Yamaha Xmax di CutoMaxi

Liputan6.com, Jakarta - Skuter bongsor bermesin 250 cc menjadi pasar yang menggiurkan bagi sejumlah pabrikan otomotif roda dua. Yamaha telah merasakan manisnya segmen ini lewat produk andalannya, XMax.

Skuter yang masuk keluarga Yamaha Maxi itu pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu kedatangan rival baru, yaitu Honda Forza.

Lantas bagaimana Yamaha menanggapi penjualan Xmax pasca munculnya Honda Forza?

Menurut Deputy General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Yordan Satriadi, penjualan Xmax cukup mengejutkan, termasuk beberapa waktu lalu saat Indonesia Motorcycle Show 2018.

“Ternyata kehadiran kompetitor (Honda Forza) itu bukan mempersempit market tapi memperluas market kita,” jelas Yordan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dengan munculnya kompetitor, kata Yordan, hal itu justru menjadi salah satu keuntungan bagi Yamaha khususnya dalam memperluas market 250 cc.

Yordan sendiri enggan berkomentar soal harga Honda Forza yang disebut berbagai kalangan lebih mahal dibandingkan Yamaha Xmax yang dijual seharga Rp 57,8 juta.

“Waktu di GIIAS 2018 saya sudah merasakan, ternyata banyak orang setelah lihat brand lain datang ke yamaha 'oh ternyata harganya cuma segini' dan mereka langsung deal (Yamaha Xmax),” ucapnya.

2 of 3

Yamaha Xmax

Makin Keren, Yamaha Rilis 4 Warna Baru XMax (Foto:YIMM)
Makin Keren, Yamaha Rilis 4 Warna Baru XMax (Foto:YIMM)

Secara garis besar, Yamaha Xmax mengutamakan kenyamanan berkendara. Hal itu bisa dilihat dari adanya ruang kaki yang luas dan bagasi yang mampu memuat dua buah helm full-face.

Yamaha Xmax  yang memiliki dimensi panjang 2.185 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.465 mm.menyematkan traction control, LED headlight, electric power socket dan keyless. Selain itu, Yamaha juga dilengkapi dengan tangki bensin berkapasitas besar, mencapai 13 liter.

Yamaha memasang rem dengan sistem ABS untuk menunjang sisi keamanan dalam berkendara. Selain itu, instrumen panel informatif yang memadukan tampilan analog dan digital.

Pada sektor kaki-kaki, Yamaha Xmax memasang pelek 15" di bagian depan dengan ban berukuran 120/70. Sementara sisi belakang, ditopang oleh ban berukuran 140/70 R14. Yamaha juga membekali skutik gambot ini dengan suspensi depan teleskopik dan dual shock-breaker pada buritan motor.

Yamaha Xmax dilengkapi mesin 1-silinder 250cc, yang mampu menyemburkan daya sebesar 22.5 Tk pada 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm.

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓