Sukses

Kejar Produksi Terios, Daihatsu Korbankan Hi-Max

Peningkatan produksi hingga 13 sampai 14 ribu per bulan untuk Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan ekspor.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan low sport utility vehicle (LSUV) milik PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Terios, mencatatkan angka yang cukup positif. Secara retail, kembaran Toyota Rush ini telah terjual sebanyak 23.623 unit.

Dibandingkan dengan penjualan pada periode yang sama tahun lalu, terjadi kenaikan sekitar 147 persen, dan terkirim sebanyak 9.560 unit.

Dengan penjualan yang cukup tinggi, Daihatsu Terios sempat mengalami inden dua sampai tiga bulan. Namun saat ini, waktu tunggu tersebut sudah terselesaikan dengan baik, karena peningkatan produksi hingga 13 sampai 14 ribu per bulan untuk Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan ekspor.

"Sudah tidak inden. Dahulu produksi Daihatsu Terios sekitar 2 ribuan unit, sekarang kita sudah bisa suplai 3.500 unit," jelas Amelia Tjandra, Direktur Penjualan PT ADM, saat berbincang dengan wartawan di Pantai Ora, Maluku, ditulis Senin (19/11/2018).

Lanjut Amel, ketika Daihatsu Terios launching, produksi sekitar 7 sampai 8 ribuan unit. Jadi ketika dipakai untuk Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan ekspor tidak mencukupi.

Dengan kondisi tersebut, dan ditambah pesanan yang membludak, waktu tunggu atau inden harus terjadi berbulan-bulan.

"Sekarang kita sudah pakai line (produksi) baru. Dari Hi-Max kita ganti Terios, jadi bisa 13 sampai 14 ribu (produksi sebulan), dan cukup ekspor, Toyota, dan Daihatsu," tegasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sementara itu, langkah untuk mengorbankan Daihatsu Hi-Max untuk menambah produksi Terios harus dilakukan pabrikan asal Jepang ini. Terlebih, penjualan pikap tersebut, kalah dibandingkan penjualan sang kakak, Gran Max.

"Harus (korbankan Hi-Max), kita harus memilih. Kenapa penjualan Himax dikit? Karena harganya dengan Gran Max tidak jauh, dan orang lebih pilih Gran Max karena lebih luas. Hi-Max dipilih karena bisa melewati jalan sempit, tetapi selama masih bisa dijalan biasa pasti milih Gran Max," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.