Ramalan Marc Marquez di MotoGP Valencia Spanyol

Oleh Herdi Muhardi pada 18 Nov 2018, 08:08 WIB
Diperbarui 19 Nov 2018, 23:13 WIB
Marc Marquez

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah mengantongi gelar juara  MotoGP 2018, pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez rupanya ingin menyelesaikan balapan musim ini dengan sempurna.

Dalam sesi Free Practice (FP) atau latihan bebas terkahir di sirkuit di Sirkuit Ricardo Tormo,  Valencia, Spanyol, si Baby Alien memberikan hasil yang cukup bagus.

 

Marquez  mengatakan, meski lintasan diguyur hujan, dirinya dan  tunggannya tetap memberikan grip yang baik. Bahkan siku kakinya masih sempat turun meskipun hujan cukup lebat.

“Tentu saja di sini adalah salah satu sirkuit yang saya nikmati dan saya berkendara dengan cara yang bagus,” kata Marquez usai latihan seperti dilansir bikesportnews.com, Sabtu (18/11/2018).

Dalam FP 1 dan F2, Marquez mampu berada di urutan pertama dan kedua. Hasil ini tentu saja membuat dirinya tergolong pembalap yang berhasil meski cuaca membuat kondisi lintasan licin.

“Sangat penting untuk beradaptasi sangat cepat pada kondisi lintasan yang berbeda, karena kadang-kadang saat pergi keluar dan ada lebih sedikit air, lalu hujan deras di lintasan,” ucapnya.

 

2 of 3

Ramalan Marc Marquez

Dani Pedrosa, MotoGP, Marc Marquez
Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, dinilai Marc Marquez tak punya motivasi saat menggeber motor Honda. (MotoGP)

Pemilik nomo 93 itupun memprediksi, balapan yang akan digelar Minggu (18/11/2018) waktu setempat akan kembali basah.

 “Sepertinya, Yamaha dan Ducati akan sangat kuat (kondisi basah). Ketika mereka memiliki pegangan yang sangat baik, mereka dapat berada di sana dan mereka akan ada di sana,” tuturnya.

Oleh karena itu, Marquez kini sedang mencoba-coba ban yang dimiliki timnya, mulai dari model soft maupun medium pada bagian belakang.

 

3 of 3

Hasil latihan

Marc Marquez
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat beraksi pada sesi latihan bebas ke tiga di Sirkuit Motegi, Jepang, Sabtu (20/10/2018). Marc Marquez finis diurutan ke empat dengan catatan waktu 45.289 detik. (AFP/Martin Bureau)

Marquez berhasil unggul tipis atas duo Pramac Ducati, Jack Miller dan Danilo Petrucci, yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga. Bahkan, Baby Alien mancatat gap cukup jauh atas peringkat keempat. 

Posisi keempat ditempati pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Dia terpaut 0,700 detik dari Marc Marquez.

Rekan setim Marquez yang akan menjalani balapan terakhir di MotoGP, Dani Perdosa, harus puas menempati posisi kelima. Dia tepat berada di depan rider Suzuki, Andrea Iannone. 

Duo Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, sama-sama tampil kurang impresif. Vinales di posisi ketujuh, sedangkan Rossi tercecer di urutan ke-12. 

Lorenzo yang melakoni comeback setelah absen empat seri karena cedera, belum menunjukkan performa impresif. Dia hanya menempati posisi ke-19.  

Lanjutkan Membaca ↓