Sukses

Ban Tapak Lebar Boros BBM, Mitos atau Fakta?

Tak sedikit pula orang yang menyatakan bahwa mengganti ban dengan ukuran lebih besar dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar atau motor menjadi boros.

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan ban tapak lebar di dunia modifikasi merupakan hal yang lumrah. Selain tampilan motor semakin garang, ban bertapak lebar diyakini memberikan traksi tambahan saat berkendara.

Namun, alasan kedua kerap menjadi perbincangan. Tak sedikit pula orang yang menyatakan bahwa mengganti ban dengan ukuran lebih besar dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar atau motor menjadi boros.

Rupanya, hal itu benar adanya. Mengutip dari Motosaigon.vn, dengan menggunakan ban yang lebih besar dari aslinya, beban pada motor pun bertambah sesuai dengan ukuran ban, sekitar 20-35%.

Dengan demikian, akselerasi pun berkurang serta dapat memperpendek usia CVT atau pun rantai. Selain itu, bearing pada pelek juga akan cepat aus karena harus menahan beban yang lebih besar.

Meski begitu, jika penggunaan ban tapak lebar hanya sebatas kosmetik tidaklah menjadi masalah yang signifikan. Penggunaan ban besar pun akan semakin mempermanis tampilan motor saat dipadukan dengan pelek yang ukurannya sesuai.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3 Cara Mudah Merawat Ban

Ban satu-satunya bagian dari mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal atau tanah. Selain menopang daya angkut, ban juga dapat berperan untuk menstabilitas laju kendaran hingga menjadi faktor penting dalam keselamatan.

Karenanya, ban wajib diperhatikan kondisinya. Masalah yang sering timbul mulai dari kondisi tekanan angin kurang atau berlebihan, aus hingga mengalami kerusakan.

 

 
 

 

Perlu dicatat tekanan angin dalam ban bisa jadi masalah, karena secara alamiah tekanan angin pada ban bisa berkurang 1-2 psi per bulan. demikian dilansir Car Care Council, Jumat (19/10/2018).

Berikut ini beberapa masalah pada ban yang bisa Anda selesaikan sendiri menurut Kevin Rohlwing, Senior VP of Training, Tire Industry Association.

Baca selengkapnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.