Thailand Jadi Rumah Kedua Mitsubishi, Kok Bisa?

Oleh Septian Pamungkas pada 14 Nov 2018, 16:08 WIB
Mitsubishi Triton

Liputan6.com, Bangkok - Mitsubishi Triton menguasai segmen kendaraan niaga ringan di Indonesia. Meski berstatus "Raja", Triton ternyata tidak diproduksi di Indonesia, melainkan didatangkan secara utuh dari Thailand.

Alasan di balik tidak diproduksinya Triton di dalam negeri lantaran prinsipal telah memilih Thailand sebagai basis produksi kendaraan serba bisa tersebut. Sementara Mitsubishi Indonesia menjadi basis kendaraan penumpang jenis multi purpose vehicle (MPV).

CEO Mitsubishi Motors Osamu Masuko mengatakan, ASEAN merupakan rumah kedua bagi Mitsubishi Motors. Mitsubishi Thailand memiliki fasilitas operasional terbesar di luar Jepang.

"Saya bangga mengatakan sekarang kami mempekerjakan hampir 7.000 orang di sini, dengan ribuan rantai pasokan. Sejarah pertumbuhan Mitsubishi Motors sangat tercermin dalam pertumbuhan volume produksi di pabrik kami di Thailand," jelasnya di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu.

Pada 2016, Mitsubishi menjadi pengekspor kendaraan terbesar di Negeri Gajah Putih. Sementara di tahun lalu ekspor kendaraan Mitsubishi dari Thailand lebih dari 330 ribu unit.

"Pabrik di Laem Chabang mampu menghasilkan 424.000 kendaraan per tahun dan mengekspor ke 150 negara di seluruh dunia. Total produksi Mitsubishi Motors Thailand mencapai 5 juta kendaraan pada bulan Juni tahun ini," ujar Masuko san.

 

2 of 3

Selanjutnya

Lebih dari 80 persen kendaraan yang diproduksi di Laem Chabang diekspor ke kawasan ASEAN dan sekitarnya, ke pasar lain di seluruh dunia.

Untuk diketahui, Mitsubishi Motors Thailand juga tercatat sebagai pembuat mobil pertama yang mengekspor kendaraan dari Thailand, dimulai pada 1988 dengan Lancer Champ ke Kanada.

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓