Sukses

Begini Cara Hino Dukung Perkembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Seperti tidak ingin ketinggalan, salah satu jenama mobil komersial yang berbisnis di Tanah Air, Hino juga mendukung perkembangan kendaraan listrik

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tengah gencar melakukan pengembangan mobil listrik. Tidak hanya pemerintah dan akademisi, para agen pemegang merek (APM) juga tengah sibuk memperkenalkan line-up mobil atau motor listriknya kepada masyarakat secara lebih luas.

Seperti tidak ingin ketinggalan, salah satu jenama mobil komersial yang berbisnis di Tanah Air, Hino juga mendukung perkembangan kendaraan ramah lingkungan.

PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) melakukan kerjasama dengan Departemen Teknik Mesin Universitas Indonesia (UI) dalam hal penelitian dan pengembangan mobil listrik. Kerja sama khususnya melalui penggunaan alat ukur kinerja kendaraan listrik, yang diserahkan sebagai bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR).

Dijelaskan Kazushi Ehara, Presiden Direktur PT HMMI, mobilitas manusia yang semakin tinggi dengan moda transportasi yang digunakan membutuhkan sumber energi. Sayangnya ketersediannya semakin terbatas serta proses pencariannya yang semakin sulit dan mahal.

"Itulah kondisi saat sekarang yang sangat serius dihadapi oleh bangsa Indonesia yang sepenuhnya masih mengandalkan ketergantungan pada sumber energi yang berasal dari fosil minyak bumi," jelas Kazushi, di hadapan civitas akademika Fakultas Teknik UI, seperti dalam keterangan resminya kepada Liputan6.com, Jumat (9/11/2018).

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Untuk diketahui, pemerintah saat ini sangat serius dalam hal pengelolaan energi untuk kehidupan di masa mendatang. Hal tersebut dilakukan melalui pemberlakukan beberapa peraturan perundang-undangan, seperti Kebijakan Energi Nasional (KEN) dan Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Sementara itu, rencana pengembangan mobil listrik di Indonesia adalah salah satu upaya untuk mengurangi ketergantungan kapada bahan bakar yang berasal dari fosil minyak bumi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.