Sukses

Vietnam Siap Jadi Tuan Rumah F1 2020

Biaya untuk menggelar acara F1 ternyata bukan dari dukungan penuh pemerintah Vietnam, melainkan adanya sokongan dana pihak swasta.

Liputan6.com, Jakarta - Ibu Kota Vietnam, Hanoi akan menggelar balapan Formula 1 (F1) di 2020. Kabar gembira ini diumumkan secara resmi oleh Komite Rakyat Hanoi, Kamis (1/11/2018).

"Kota Hanoi telah berhasil atas hak resmi tuan rumah Kejuaraan FIA F1 World Championship pada April 2020," tulis surat Komite Rakyat Hanoi, seperti dilansir sport24.co.za, Minggu (4/11/2018).

Untuk lokasi lintasan, rencananya akan digelar di jalanan ibu kota yang diresmikan pekan depan. Awalnya balapan disarankan di dekat danau Hoan Kiem Hanoi yang indah.

Akan tetapi, karena berdekatan wilayah padat Old Quarter yang ramai, maka hal itu diurungkan. Sedangkan untuk mendukung gelaran balapan ini telah dirancang pada awal tahun.

Adapun biaya untuk menggelar acara ini ternyata bukan dari dukungan penuh oleh pemerintah Vietnam, melainkan adanya sokongan dana pihak swasta.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurut Kepala Pemerintahan Hanoi, Mai Tien Dung, pada Agustus 2018, biaya bisa ditutup dari pendapatan iklan yang berpotentsi dapat menghasilkan pemasukan sangat banyak.

Seperti diketahui, di Asia Tenggara saat ini hanya Singapura yang masih menghelat balapan F1. Dan balapan digelar di jalan raya.

Sedangkan Malaysia, tepatnya di sirkuit Sepang, sejak 2017 tak lagi menggelar balapan F1. Hal ini karena minat masyarakat menonton F1 dianggap menurun. Hal itupula membuat pemasukan dari penjualan tiket berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.