Cari Helm Berkualitas, Perhatikan Hal-Hal Ini

Oleh Septian Pamungkas pada 01 Nov 2018, 18:18 WIB
Diperbarui 01 Nov 2018, 19:17 WIB
Arai

Liputan6.com, Jakarta - Helm memiliki peran vital dalam menjaga kepala saat terjadi kecelakaan kala mengendarai sepeda motor. Karena perannya yang penting ini, para pengendara motor harus mengenakan helm yang benar-benar bisa melindungi kepala.

Di pasaran memang banyak tersedia berbagai merek helm dengan jenis yang beragam pula. Namun kualitas yang ditawarkan pastinya berbeda-beda.

Disebutkan General Manager Arai Helmet Sakaguchi Yasuhiro, helm harus bisa melindungi kepala saat terjadi benturan akibat insiden. Menurutnya, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki suatu helm dalam memberikan perlindungan maksimal.

"Gunakan helm yang kompak dan bentuknya menyerupai bentuk kepala yang asli," katanya di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (1/11/2018).

Lebih jelas dirinya menyebutkan, helm yang paling ideal digunakan ketika terjadi kecelakaan adalah menggunakan helm yang paling mendekati bentuk kepala.

"Ketika mengenakan helm seperti itu maka beban benturan sedapat mungkin diredam dan bisa mengurangi cedera kepala. Kemudian kekuatan shell atau batok helm itu sendiri juga menentukan perlindungan yang diberikan," paparnya.

Maka tak heran jika dua ukuran helm yang sama memiliki ketebalan bagian dalam yang berbeda.

2 of 3

Selanjutnya

Yasuhiro san menyebutkan, bagian yang paling rentan karena merupakan titik lemah dari helm adalah sekitaran bukaan visor. "Karena bagian ini rentan, Arai melakukan improvment pada bagian yang rentan ini. Kami memasang super fiber belt untuk memperkuat sisi ini," ujarnya.

Sekadar informasi, material super fiber ini harganya 6 kali lebih mahal dari fiber biasa. "Tapi 30 persen lebih kuat daripada serat kaca biasa. Serat super memiliki sifat fisik seperti logam,"

"Kuat terhadap tarikan dan tembusan dan memiliki sifat berat jenis yang ringan dinilai sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan batok helm. Ini alasan mengapa kami menggunakan material ini," tandas Yasuhiro.

3 of 3

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by