Sukses

Pertama Kali Membeli Mobil, Pilih Transmisi Manual atau Otomatis?

Memilih mobil dengan transmisi manual maupun otomatis alias matik tergantung kebutuhan dan selera. Namun demikian, di antara kebutuhan dan selera itu tentu ada yang paling tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda baru akan membeli mobil, selain memilih model mobil, memilih transmisi pun menjadi salah satu pertimbangan. Namun. di antara kebutuhan dan selera itu tentu ada yang paling tepat. Apakah mobil manual ataukah matik yang lebih cocok untuk Anda.

Kedua transmisi itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apa saja, mari simak ulasannya.

Seperti melansir laman resmi Daihatsu Indonesia, mobil matik memang lebih mudah dikendarai ketimbang mobil manual. Anda tak perlu repot mengoper persneling, karena sistem matik bakal menerapkannya secara otomatis.

Maka, mobil bertransmisi otomatis ini bisa menghemat energi Kamu. Terlebih lagi soal kopling, mobil matik tak pakai kopling. Jadi tak perlu khawatir tak bisa menyeimbangkan melepas kopling dan menginjak pedal gas. Tak adanya kopling ini juga menguntungkan saat jalan macet, kaki kirimu bisa bersantai sejenak.

Tapi soal perawatan, mobil matik lebih mahal daripada mobil manual. Sebab, minimnya bengkel atau teknisi yang mahir dalam menangani komponen yang ada pada mobil matik.

Berbeda dengan mobil manual yang mana olinya berputar secara mandiri, oli mobil matik perlu sering-sering diganti karena perputarannya terjadi secara otomatis. Perputaran otomatis ini juga mengakibatkan borosnya bahan bakar mobil. Selain itu, onderdil motor matik juga lebih mahal dibanding mobil manual.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Kenyamanan yang ada pada mobil matik ini juga berimbas pada harga belinya yang sangat mahal. Sayangnya, harga itu berbeda drastis dengan harga jual mobil matik.

Sementara itu, mobil bertransmisi manual memiliki akselerasi yang lebih baik daripada mobil matik. Sebab pengemudi bisa mengatur sendiri laju kecepatan dan persneling. Dengan kata lain, mobil manual lebih responsif soal akselerasi.

Biaya perawatan juga lebih murah. Anda juga dapat mengoptimalkan engine brake saat berada di jalanan turun yang curam.

Tapi, mobil manual membuat lelah dan pegal kaki saat berada dalam kondisi lalu lintas yang macet.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.