Sukses

Honda PCX Hybrid Terpilih sebagai Motor Terbaik

Honda PCX 150 hybrid dinobatkan sebagai motor terbaik pilihan jurnalis otomotif Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Honda PCX 150 hybrid dinobatkan sebagai motor terbaik pilihan wartawan otomotif Tanah Air yang tergabung dalam Forum Wartawan Otomotif (Forwot) Indonesia dalam gelaran Forwot Motorcycle of the Years (FMY) 2018.

Honda PCX hybrid meraih nilai tertinggi dari lima finalis yang diseleksi oleh anggota Forwot yang menjadi juri FMY 2018. Adapun finalis FMY 2018 lainnya di antaranya Honda PCX, Kawasaki W175, Suzuki Nex II, dan Yamaha Lexi.

 

Menurut Ketua Dewan Juri FMY 2018, Raju Febrian, penghargaan ini merupakan ajang untuk memberikan apresiasi kepada para produsen roda dua di Indonesia. Selain itu, perhelatan ini juga memberikan informasi dan refensi terkait motor-motor terbaik di Tanah Air dalam satu tahun terakhir.

“Kami berusaha melibatkan seluruh wartawan yang tergabung dalam Forwot untuk memberikan penilaian,” kata Raju saat membuka acara FMY 2018 di Kawasan Kemayoran, Jakarta, Senin (29/10/2018).

Pemilihan lima finalis ini sebelumnya dilakukan berdasarkan dua tahap. Tahap pertama seleksi dilakukan terhadap 30 sepeda motor yang dirilis Agen Pemegang Merek (APM) selama periode September 2017 hingga Agustus 2018. 

Seleksi dilakukan oleh 73 jurnalis yang tergabung dalam Forwot dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki hingga muncul lima motor dengan pilihan terbanyak.

Tahap kedua penjurian dilakukan 25 jurnalis, masing-masing juri mendapatkan total 25 poin untuk dibagikan kepada masing-masing motor pilihan dengan melakukan penilaian dari aspek desain, kenyamanan, keamanan, nilai ekonomis, handling, performa, fungsional, keramahan lingkungan, pengalaman berkendara, serta harga.

Selain itu, preferensi yang tinggi dari para anggota dewan juri terhadap sepeda motor berdasarkan ketika peliputan, seperti perkenalan produk, media test ride, dan lain-lain. 

Hasilnya, Honda PCX Hybrid meraih nilai terbanyak yaitu 141 poin, kemudian  Honda PCX (131 poin), Yamaha Lexi (121 poin), Suzuki Nex II (112 poin), dan Kawasaki W175 (100 poin).

Honda PCX Hybrid mendapat nilai terbanyak karena dianggap memiliki desain modern, tenaga besar, teknologi hybrid ramah lingkungan, dan skutik hybrid pertama yang diproduksi di Indonesia. 

 

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Menurut Raju, meski ada catatan terutama harga jual PCX Hybrid yang dinilai masih mahal, namun beberapa juri menilai langkah PT Astra Honda Motor memboyong Honda PCX Hybrid ini ke Indonesia patut diapresiasi.

Perlu edukasi pada masyarakat tentang keunggulan dan manfaatkan teknologi yang diusung.

Sementara itu, Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot mengharapkan dengan kemenangan ini menjadi pemicu tidak hanya PT AHM tapi juga Agen Pemegang Merek lainnya untuk terus menghasilkan motor yang ramah lingkungan dan memboyongnya ke Tanah Air. 

"Hal ini tentunya juga mendukung program pemerintah yang menjalankan standar emisi Euro 4,” kata Indra.

Sementara itu, PR Manager Corporate Communication AHM, Rina Listiani menyatakan cukup laget karena dua produk Honda masuk dalam lima besar motor terbaik di FMY 2018.

"Terima kasih apresiasinya, PCX 150 dan PCX hybrid masuk nominasi. PCX Hybrid sendiri upaya kami memberikan inovasi-inovasi terbaru untuk pasar otomotif Indonesia," terang Rina.

Berikut daftar Pemenang FMY periode 2006-2018:

• 2006 Yamaha Jupiter MX

• 2008 Yamaha V-Ixion

• 2010 Honda MegaPro

• 2012 Honda Vario Techno 125 PGM-FI

• 2014 Yamaha R25

• 2015 Yamaha NMax

• 2016 Honda CBR150R

• 2017 Suzuki GSX-R150

• 2018 Honda PCX Hybrid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.