Sukses

Terlihat Sepele, Mencuci Mobil Tak Semudah yang Dibayangkan

Selain rajin servis rutin, penampilan mobil pun harus diperhatikan. Jika Anda rajin merawat eksterior, mobil lebih sedap dipandang dan catnya lebih awet.

Liputan6.com, Jakarta - Selain rajin servis rutin, penampilan mobil pun harus diperhatikan. Jika Anda rajin merawat eksterior, mobil lebih sedap dipandang dan catnya lebih awet. Karena itu, disarankan untuk mencuci mobil secara rutin, setidaknya 2 bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Sebagian orang lebih memilih untuk mencuci mobil sendiri di rumah. Alasannya pun bervariasi, mulai dari menghemat biaya hingga waktu yang fleksibel. Bahkan beberapa orang sampai membeli berbagai perlengkapan untuk mencuci mobil di rumah, seperti sabun hingga lap khusus.

Ternyata, aktivitas mencuci mobil sendiri tidak semudah kelihatannya. Mengutip dari Popularmechanics.com, ada berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum, saat, dan setelah mencuci mobil. Berikut ulasannya:

1. Kondisi kendaraan

Sebelum mencuci mobil, disarankan untuk melihat secara detail kondisi mobil. Hal ini berpengaruh pada cara pencucian. Jika tidak terlalu kotor, cukup dilap hingga bersih dan kemudian dipoles. Apabila kondisinya sangat kotor, perlu dicuci dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran yang menempel.

 

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Perlengkapan Mencuci

Tak jarang orang membeli perlengkapan khusus untuk mencuci mobil. Namun, sebelum itu, Anda perlu membaca kandungan dan cara pakai pada sabun mobil. Sebagian cairan diciptakan untuk komponen yang berbeda, seperti pembersih khusus pelek, kaca, dan body.

3. Proses pencucian

Hindari mencuci di bawah terik matahari karena air di body mobil akan cepat mengering dan meninggalkan bercak. Selain itu, gunakan lap bersih untuk menggosok berbagai bagian mobil guna menghindari gesekan dengan debu atau pun kerikil.

4. Poles mobil

Mobil harus segera dikeringkan setelah dicuci. Hal itu dilakukan untuk mencegah munculnya bercak air yang menempel. Setelahnya, berikan wax atau cairan poles khusus supaya mobil terlihat lebih bersih dan berkilau.

5. Perawatan rutin

Meski mobil telah dicuci, bukan berarti Anda tidak perlu membersihkannya lagi. Lap mobil minimal 2 hari sekali atau sesegara mungkin setelah menerjang hujan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.