Sukses

Volkswagen Luncurkan Crossover Baru, Namanya T-Cross

Setelah melalui banyak bocoran di dunia maya, Volkswagen T-Cross resmi meluncur. Tak tanggung-tanggung, peluncurannya dilakukan di tiga negara berbeda: Belanda, Cina dan Brazil.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui banyak bocoran di dunia maya, Volkswagen T-Cross resmi meluncur. Tak tanggung-tanggung, peluncurannya dilakukan di tiga negara berbeda: Belanda, Cina dan Brazil.

SUV paling kecil manufaktur itu dibangun dari basis Polo dan memadukan konsep gaya, kepraktisan, fleksibilitas, konektivitas dan ekonomi. Masuk kategori crossover urban, Volkswagen T-Cross dikatakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi harian yang cocok di perkotaan.

Dibangun dengan rangka modular transverse matrix (MQB), yang memungkinkan poros roda depan ditempatkan lebih di depan. Dimensi T-Cross mencapai 4,11 meter dan 2,56 meter untuk jarak antar poros rodanya. Angka itu dinilai sudah cukup untuk menyediakan ruang kabin nyaman bagi lima penumpang ditambah bagasi. Kursi belakang bisa diatur kemiringan sandarannya, sehingga lebih mendukung kenyamanan. Sedang bagasi, menawarkan daya muat antara 385, 455 dan 1.281 liter. Itu bisa didapat dari pelipatan jok belakang.

Dari penampilannya jelas terlihat betapa compact Volkswagen T-Cross. Bagian wajah khas bahasa desain Volkswagen, dengan lampu depan dan grille yang rata. Lampu depan dan lampu siang hari sudah LED. Garis tegas bisa ditemui pada sisi samping, salah satunya garis bahu yang mengalir dari fender roda depan hingga ke lampu belakng.

Melengkapi nilai SUV pada Volkswagen T-Cross, ada roof rail yang sarat fungsi dan mendukung estetika. Sedang di belakang, lampu LED berbentuk seperti huruf C. Lampu itu dibuat seolah menyambung rata dengan reflektor di tailgate. Ada pilihan 12 warna bodi dan pelek 16 dan 18 inci.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bagian dalam, desain dasbor mirip kepunyaan Polo dan sudah ditanam layar sentuh infotainment 8 inci. Untuk panel instrumen juga sudah memakai layar digital yang disebut Active Info Display. Diklaim menawarkan konektivitas dan jaringan tinggi, T-Cross dibekali sistem operasi intuitif, dan bisa melakukan pengisian daya smartphone serta menawarkan empat port USB.

Ada empat pilihan mesin turbo: tiga mesin bensin dan satu diesel. Mesin 3-silinder 1.0 TSI menawarkan pilihan output 93 Tk atau 113 Tk. Sedang paling tinggi ada mesin 4-silinder 1.5 TSI dengan daya 148 Tk. Mesin diesel melengkapi lini, dengan 4-silinder 1.6 TDI menyemburkan daya 94 Tk. Semua mesin sudah sesuai dengan standar emisi EURO 6. Seperti keluarga VW lain, ada pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis kopling ganda DSG.

Fitur keselamatannya tak tanggung-tanggung. Sebagai standar ada Front Assist area monitoring system, Pedestrian Monitoring, City Emergency Braking System, Lane Keeping Assist, Hill Start Assist, Blind Spot Detection, dan Rear Traffic Alert. Itu masih bisa ditambahkan, opsional, dengan Driver Alert System, cruise control adaptif dan Park Assist.

Belum ada keterangan soal harga dan ketersediaan VW T-Cross. Produksinya bakal dilakukan di negara Spanyol, Amerika Selatan dan Cina. Volkswagen T-Cross termasuk dalam strategi serangan SUV VW bersama dengan T-Roc, Tiguan, Touareg dan masa depan SUV elektrik ID. CROZZ. Lini SUV VW bakal dilengkapi dan menyasar semua segmen. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.