Sukses

Seramnya Biaya Perbaikan Fitur Keselamatan pada Mobil Modern

Berdasarkan hasil studi AAA, perbaikan sensor fitur keselamatan tersebut harganya cukup fantastis. Bisa saja tagihan bengkel mencapai $3.000 (setara Rp 45 juta). Dan kebanyakan pengemudi tidak siap jika harus menghadapi biaya yang besar.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi, mobil dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Mobil modern dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti lane-keeping assists, automatic emergency braking, blind spot monitoring, dan lain sebagainya.

Dilansir Jalopnik, diperlukan sensor agar teknologi tersebut dapat bekerja sebagaimana mestinya. Sayangnya, beberapa sensor ditempatkan di daerah yang cukup berisiko. Sebut saja bumper, windshields, dan juga spion. Artinya, jika Anda tak sengaja membuat bumper penyok atau spion patah, maka Anda juga harus memikirkan biaya perbaikan sensor.

Berdasarkan hasil studi AAA, perbaikan sensor fitur keselamatan tersebut harganya cukup fantastis. Bisa saja tagihan bengkel mencapai $3.000 (setara Rp 45  juta). Dan kebanyakan pengemudi tidak siap jika harus menghadapi biaya yang besar.

Menurut AAA, salah satu biaya perbaikan yang mahal adalah windshields. Jika kacanya harus diganti, maka sistem keselamatan di balik kaca harus dikalibrasi ulang. Selain itu beberapa pabrikan mengharuskan konsumen menggunakan suku cadang asli sesuai dengan standar.

Contoh lainnya adalah sensor radar depan senilai $900 - 1.300 (setara Rp 13,6 - 19,7 juta) yang digunakan pada automatic emergency braking dan adaptive cruise control systems. Sensor radar belakang senilai $850 - 2,050 (setara Rp 12,9 - 31,1 juta) yang digunakan untuk blind spot monitoring dan rear cross traffic alert systems.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Fitur Keselamatan pada Mobil

Dalam memilih mobil idaman, Anda tidak boleh hanya berpatok dari segi desain ataupun harga. Ada faktor lain yang patut Anda kedepankan agar selama di jalan nanti merasa aman dan nyaman.

 

Salah satu faktor yang mesti diperhatikan adalah fitur-fitur keselamatan yang dimiliki mobil incaran Anda. Semakin lengkap fiturnya tentu bisa menenangkan Anda selama perjalanan.Seiring berkembangnya teknologi, para pabrikan menjadikan fitur keselamatan sebagai fokus dalam pengembangan produk terbarunya. Satu persatu perangkat pintar disematkan untuk membantu pengemudi dalam mengendalikan kendaraan.Saat ini banyak fitur keselamatan yang digunakan masing-masing pabrikan untuk tiap modelnya. Apa saja itu, simak ulasannya di tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.