Ekspor Moncer, TMMIN Diganjar Primaniyarta Award 2018

Oleh Septian Pamungkas pada 24 Okt 2018, 19:23 WIB
Diperbarui 24 Okt 2018, 19:23 WIB
Ekspor Mobil Naik 20 Persen pada Semester Pertama 2017
Perbesar
Pekerja melintasi deretan mobil yang siap diekspor di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta, Selasa (8/8). Kemenperin mencatat, ekspor Mobil pada periode Januari-Juni 2017 meningkat 20,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2016. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Untuk ke-9 kalinya, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menerima Primaniyarta Award 2018. Ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang ekspor dari Pemerintah Indonesia untuk kategori Eksportir Berkinerja.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, kepada Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono dalam acara pembukaan Trade Expo 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Rabu (24/10/2018).

"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada TMMIN sebagai perusahaan berkinerja di bidang ekspor," terang Warih dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menyatakan, capaian ini menjadi pemicu semangat TMMIN untuk bisa memberikan lebih banyak kontribusi kepada bangsa dan negara.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor kendaraan-kendaraan bermerek Toyota. Selain itu kami ingin mengembangkan industri otomotif Indonesia lebih baik lagi melalui penanaman investasi dalam menyongsong era mobil listrik," Warih menambahkan.

Disebutkan, perolehan Primaniyarta 2018 merupakan buah dari sinergi antara upaya konsisten seluruh karyawan serta rantai pasok Toyota dalam meningkatkan kompetensi dan daya saing sebagai pelaku industri otomotif, yang didukung penuh oleh kebijakan pemerintah yang kondusif dalam mendorong pertumbuhan ekspor produk industri manufaktur, termasuk industri otomotif.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Posisi Toyota Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor global Toyota di kawasan Asia Pasifik memungkinkan Toyota Indonesia untuk berkontribusi dalam tiga hal.

Pertama, pada upaya substitusi impor melalui produksi lokal untuk pasar dalam negeri dan penciptaan potensi pasar ekspor. Sebanyak lebih dari 90 persen volume penjualan produk kendaraan bermerek Toyota di Indonesia merupakan produk buatan dalam negeri yang diproduksi oleh putra-putri bangsa Indonesia.

Kedua, kontribusi pada kinerja ekspor otomotif. Produksi kendaraan lokal ini juga dipasarkan ke pasar global, tepatnya ke lebih dari 80 negara di kawasan Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah, sehingga produksi lokal kendaraan bermerek Toyota menyumbang lebih dari 80 persen total ekspor kendaraan utuh dari Indonesia.

Ketiga, sebagai jembatan bagi pemasok komponen kendaraan lokal untuk dapat menembus pasar ekspor. Tingginya tingkat kandungan dalam negeri produk-produk Toyota yang saat ini mencapai 75 persen hingga 94 persen menandakan bahwa hanya sebagian kecil dari komponen kendaraan bermerek Toyota yang menggunakan material impor.

Hal ini juga memberi sumbangsih pada penguatan pengembangan industri komponen lokal di Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓