Sukses

Berkunjung ke Dealer UD Trucks di Yokohama, Apa Istimewanya?

Pabrikan kendaraan truk dan bus, UD Truck, mungkin bagi masyarakat di Indonesia namanya masih kalah pamor dibanding Fuso atau Isuzu. Kendati demikian, pabrikan otomotif yang awal berdiri bernama Nihon Diesel Industries pada 1935 itu cukup harum namanya di Jepang.

Liputan6.com, Yokohama - Pabrikan kendaraan truk dan bus, UD Truck, mungkin bagi masyarakat di Indonesia namanya masih kalah pamor dibanding Fuso atau Isuzu. Kendati demikian, pabrikan otomotif yang awal berdiri bernama Nihon Diesel Industries pada 1935 itu cukup harum namanya di negara asalnya, Jepang.

Nah, bicara soal pabrikan bus dan truk UD Trucks, kali ini Liputan6.com berkesempatan melihat langsung salah satu dealer yang juga merupakan UD Trucks Customer Center di Yokohama, Jepang.

Lantas apa yang menjadi spesial dari dealer satu ini?

Menurut Yoshikazu Kitou, Customer Center Manager UD Trucks Yokohama, penjualan kendaraan dan aftermarket di dealer ini cukup tinggi terlebih di Jepang dengan menyumbangkan penjualan hingga 20 persen dari total market.

Kitou juga mengatakan, untuk saat ini UD Trucks memiliki 161 Customer Center di seluruh Jepang. "80 persennya merupakan customer logistic segmen (di dealer Yokohama CC)," ucap Kitou saat ditemui wartawan di Customer Center UD Trucks Yokohama, Jepang, Senin (23/10/2018).

Ketersedian suku cadang juga cukup tinggi bahkan untuk sebuah dealer mencapai 90 persen. Kata Kitou, jika truk atau bus UD Trucks mengalami masalah pada bagian mesin, maka untuk melakukan perbaikan bisa menghabiskan waktu sekitar 20 jam hanya dengan satu orang mekanik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Adapun dealer ini menerapkan standar penggantian mesin bisa 14 jam kerja. Namun hal itu tak bisa dipungkiri adanya beberapa masalah yang membuat penggantian bisa molor menjadi 20 jam.

Sedangkan untuk melakukan perbaikan parah para mekanik handal UD Trucks bisa menanganinya hingga dua hari.

Menariknya, semua truk yang dijual atau beroperasi di Jepang sudah dilengkapi sistem telematik yang terintegrasi dengan fleet management system. Hal ini dipercaya dapat mempermudah konsumen atau bengkel UD Trucks itu sendiri.

"Telematics system sangat membantu untuk mengetahui lokasi trucks secara real time, termasuk monitor fuel consumption, hingga service time alert," kata Kitou.

Dari pantauan Liputan6.com, meski usia bengkel dan dealer sudah memasuki usia seperempat abad, namun kondisinya cukup terjaga. Bahkan lantai tempat para mekanik untuk bekerja tak banyak ceceran oil.

Hal ini ternyata memang UD Trucks sangat menerapkan kebersihan sehingga lokasi bengkel tetap nyaman untuk para mekanik bekerja.

3 dari 3 halaman

Galeri Foto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini