Penjualan Forza 250 Bikin Honda Semringah, Seberapa Banyak?

Oleh Herdi Muhardi pada 17 Okt 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 17 Okt 2018, 11:30 WIB
Honda Forza

Liputan6.com, Karawang - Honda Forza 250, skuter matik (skutik) dengan bodi bongsor ini telah resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) bertepatan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2018 lalu.

Meski masuk dalam jenis skuter premium, ternyata Forza 250 cukup menyedot perhatian masyarakat, dengan tingginya jumlah pemesanan.

Menurut General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin, pemesanan Honda Forza sejak diluncurkan hingga saat ini tercatat lebih dari 830 unit.

“Distribusi (Honda Forza 250) awal November 2018 ini. Saya tidak pegang detilnya (warnanya). Terus terang kami juga belum ada analisa detil karakter konsumen seperti apa,” jelas Muhib acara The 9th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2018,  yang digelar di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, (16/10/2018).

Namun Muhib memprediksi, kemungkinan konsumen yang membeli Honda Forza 250 biasanya pengguna mobil yang ingin mengunakan skutik bertubuh besar.

“Mereka yang jelas bukan first buyer, dan motor kesekiannya untuk harian atau riding weekday,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Usung Bodi Bongsor dan Mesin Kecil, Ini Kehebatan Honda Forza 125
Honda Forza 125 dirancang mampu berakselerasi di segala medan dengan kapasitas kompartemen yang luas.

Honda Forza 250 dijual di Tanah Air dengan kisaran Rp 70 jutaan. harga tersebut memang lebih mahal dibandingkan sang rival Yamaha XMax yang cuma Rp 57,8 juta (OTR Jakarta).

Dengan banderol yang lebih mahal, ternyata Forza punya sejumlah keunggulan. Apa saja? Simak bahasan berikut:

1. Alarm

Keduanya dilengkapi teknologi keyless dan remote pintar. Di remote itu juga terintegrasi fitur answer back system, berguna memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Menariknya, Forza 250 punya fitur tambahan, anti theft alarm. Alarm ini sangat penting dalam mencegah maling. XMax belum dilengkapi fitur ini.

2. Windshield Elektrik

Forza 250 lebih istimewa lantaran punya windshield elektrik yang bisa diatur ketinggiannya hanya dengan menekan tombol. Posisi tinggi dipakai bila Anda menginginkan terpaan angin yang minimal ke tubuh, saat berkendara santai. Sementara posisi windshield rendah cocok untuk meningkatkan aerodinamika ketika ingin berakselerasi maksimal. Windshield Xmax juga bisa diatur ketinggiannya, namun harus manual karena belum elektrik.

3. Tampak Mewah

Gaya memang soal selera, namun kami punya keyakinan Honda Forza 250 punya tampang lebih mewah dibanding XMax. Salah satu yang membuatnya begitu karena desain jok yang menggunakan warna two tone. Kemudian, knalpot ditambahkan kombinasi elemen krom. Tidak ketinggalan lampu sein LED terintegrasi di spion, juga menjadikannya semakin mentereng. Berbeda dengan XMax yang lebih banyak dicat hitam, sehingga aura sportif sangat kental dibanding mewah.

4. Dimensi Kompak

Walau Forza masuk kelas skutik bongsor, namun dimensinya lebih kompak dari Xmax. Setidaknya itu yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Forza memiliki panjang 2.142 mm, lebar 754 mm dan tinggi 1.472 mm. Bandingkan XMax yang memiliki panjang 2.185 mm, lebar 775 mm dan tinggi 1.465 mm. Dengan dimensi tersebut, harusnya skutik Honda lebih asyik dipakai selap-selip di kemacetan jalan.

5. Jok Rendah

Kelebihan lain, Forza 250 punya jok yang lebih rendah sekitar 15 mm. Ini membuat pengendara semakin percaya diri ketika menunggang motor di kemacetan. Setidaknya, bagi pemilik tinggi 168 cm, kaki tidak jinjit berlebihan saat harus menjejak aspal. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓