Belum Setahun Pakai, Mobil-Mobil Ini yang Sering Dijual Kembali oleh Pemiliknya

Oleh Amal Abdurachman pada 15 Okt 2018, 17:32 WIB
Diperbarui 15 Okt 2018, 17:32 WIB
BMW 3 Series G20 2019
Perbesar
BMW 3 Series G20 2019 (BMWblog)

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah studi yang dilakukan oleh iSeeCars menunjukkan hanya 1,5 persen dari pemilik mobil baru yang menggunakan mobilnya kurang dari setahun. Penelitian tersebut menunjukkan mobil yang banyak dijual kembali oleh pemiliknya kebanyakan berasal dari pabrikan Jerman.

Setelah meneliti lebih dari 24 juta penjualan mobil baru. Setidaknya terdapat 11 model yang dijual kembali oleh pemiliknya, dengan persentase dijual oleh pemiliknya dua kali lebih tinggi dari nilai rata-rata.

Berikut ini adalah deretan mobil baru yang hanya digunakan setahun kurang oleh pemiliknya:

1. BMW 3-Series (8%)

2. BMW 5-Series (7,1%)

3. Mercedes C-Class (6,1%)

4. Nissan Versa Note (4,0%)

5. Dodge Dart (3,9%)

6. BMW X3 (3,9%)

7. BMW 4-Series (3,9%) 

8. Mercedes E-Class (3,9%)

9. Chrysler 200 (3,8%)

10. Subaru WRX (3,3%)

11. Nissan Versa (3,2%)

 

Menariknya, 6 dari 11 mobil tersebut berasal dari pabrikan Jerman. BMW menempati posisi pertama, kedua, keenam dan ketujuh. Phong Ly, iSeeCars.com CEO, mengatakan, " Mungkin ada yang terkejut mobil mewah berada di posisi inim namun, banyak pabrikan yang menawarkan dealernya untuk membeli mobil dan menggunakannya sebagai mobil untuk dipinjamkan. Mobil-mobil tersebut yang dijual kembali dalam keadaan bekas sebelum masa pakai mencapai satu tahun."

"Strategi ini memiliki dua keuntungan. Jadi pemilik mobil mewah mendapatkan mobil pengganti selama mobilnya diperbaiki, yang dipercaya meningkatkan kesetiaan terhadap brand tersebut. Selain itu, strategi tersebut meningkatkan penjualan mobil yang membantu merek tersebut meraih 'top luxury brand', yang biasa diperebutkan oleh BMW dan Mercedes-Benz setiap tahunnya," lanjutnya.

Dilansir Carscoops, alasan lainnya yang cukup menarik adalah mobil mewah yang dijual kembali biasanya varian terendah dengan spesifikasi minim. Sehingga pemilik pertama mobil mewah menjualnya kembali dan memilih varian yang lebih kaya fitur.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pilihan Mobil Bekas Mitsubishi yang Seharga Xpander Baru

 Mitsubishi Xpander merupakan pilihan menarik di segmen LMPV. Terutama setekah dilengkapi fitur cruise control. Itu menjadikan Xpander satu-satunya LMPV yang punya fitur ini. Meski begitu, ada alternatif lain mobil bekas yang punya segmen lebih tinggi dan harganya setara Xpander. Masih dari merek yang sama, ada pilihan mobil bekas Delica, Outlander Sport, dan Pajero Sport.

Pertimbangannya dari segi harga. Karena tiga alternatif mobil bekas Mitsubishi itu berada di atas segmen Xpander, jadi harus cari tahun yang lebih tua agar nilai harganya sepadan. Xpander berada di rentang harga Rp189,05 - 245,35 juta.

 

 

 

Untuk Delica bekas yang punya harga seperti Xpander, tahun paling muda kisaran 2014. Rata-rata Delica bekas tahun segitu ditawarkan Rp 230 jutaan. Delica Punya keunggulan kabin lapang dengan pengaturan bangku yang sangat fleksibel. Sedang performa bukan yang paling diunggulkan.

Sementara dari SUV crossover compact ada Outlander Sport. Memang dari segi kabin lebih minim daya angkut ketimbang Xpander. Tapi Outlander Sport punya ruang cukup lapang untuk diisi empat sampai lima orang. Kalau berminat, bisa melirik Outlander Sport lansiran 2015 dan 2016. Pada tahun itu, harganya masuk dengan budget untuk membeli Xpander Sport atau GLS AT. Jadi kalau budget Anda membeli Mitsubishi Xpander Ultimate, masih ada sisa beberapa puluh juta untuk kebutuhan mendandani mobil.

 

Pilihan mobil bekas Mitsubishi lain yang seharga Xpander, Pajero Sport. Ini sedikit lebih susah menentukan harga dan tahun yang pas. Selain beda segmennya terpaut jauh dari Xpander, Pajero Sport juga punya banyak varian beda kelengkapan, beda mesin dan beda penggerak roda. Tapi bisa dilihat, kisaran 2009 - 2011 banyak yang harganya masuk dengan budget Xpander paling mahal. Jadi kalau menemukan Pajero Sport tahun lebih muda dari itu, dengan kondisi yang baik dan harganya di kisaran sama, bisa langsung hubungi penjualnya. Selama spesifikasi mesin sesuai dengan yang jadi incaran.

Tiga model Mitsubishi itu jadi pilihan mobil bekas yang bisa dibeli dengan budget yang sama dengan Xpander. Karena semua segmennya berada di atas Xpander, kualitas dan fiturnya pasti lebih unggul. Jadi kalau mau tampil lebih bergaya dengan mobil yang lebih mahal dari Xpander, bisa memilih satu dari tiga mobil bekas itu.

Sumber: Oto.com

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by