Sukses

Ditemani David Beckham, Vinfast Resmi Meluncurkan 2 Produk di Paris Motor Show 2018

Paris Motor Show 2018 menjadi panggung bagi VinFast untuk memperkenalkan dua produk pertama yang bakal dipasarkan mulai tahun depan. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal Vietnam tersebut mengundang David Beckham untuk hadir saat seremoni dan konferensi pers berla

Liputan6.com, Paris - Paris Motor Show 2018 menjadi panggung bagi VinFast untuk memperkenalkan dua produk pertama yang bakal dipasarkan mulai tahun depan. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal Vietnam tersebut mengundang David Beckham untuk hadir saat seremoni dan konferensi pers berlangsung.

Nama resmi dua mobil VinFast diumumkan lebih dahulu. Model sedan disebut LUX A2.0 dan SUV, dinamai LUX SA2.0. Agak unik terdengarnya dan sulit dihapal. Kata LUX sudah pasti diambil dari luxurious, untuk menggambarkan premium dan kemewahan kualitas mobil.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Lalu yang menarik adalah huruf ‘A’, dimaksudkan dari kata Ambition. Ini mewakili visi VinFast yang menjadi pabrikan terdepan di Asia Tenggara, serta tumbuh sebagai merek mobil secara global. Sedangkan untuk SUV hanya ketambahan huruf ‘S’ yang berarti SUV dan angka 2.0 menandakan kapasitas mesin digunakan.

Berdasarkan keterangan resmi VinFast, maksud penamaan ini agar mudah diingat, pendek dan gampang dibaca. Menurut mereka cocok diucapkan sesuai berbagai bahasa di dunia. Setelah model LUX ini, VinFast berencana memperkenalkan model lain yang merepresentasikan positioning pasar berbeda.

Dalam pengembangan mobilnya, VinFast menggandeng beberapa perusahaan ahli otomotif terkemuka. Termasuk BMW, Bosch, Magna Steyr dan Pininfarina. Sekaligus terungkap juga, kedua mobil pertama mereka memakai platform BMW. Sedan LUX A2.0 menggunakan platform BMW 5-Series F10 dan LUX SA2.0 berasal dari BMW X5 F15.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jika melihat desain eksteriornya, masih terbesit bodi BMW khususnya area samping. Namun tak sepenuhnya sama, seperti sudut Hofmeister Kink sudah disamarkan. Selebihnya merupakan hasil kerja sama dengan rumah desain Pininfarina, dalam menciptakan wajah ikonik baru. Kedua perusahaan memulai sketsa awal pada Agustus 2017 dan tercipta sampai 20 konsep desain yang kemungkinan dipakai. Desain final yang Anda lihat sekarang ini, baru benar-benar terwujud Januari lalu.

Interiornya pun juga masih menyisakan sedikit kabin BMW. Selebihnya didesain ulang sesuai karakteristik mewah yang ingin dibangun VinFast. Paling kentara dari desain kemudi 3-spoke, paddle shift, panel instrumen analog dan tuas transmisi yang sama. Di tengah tampak monitor bergaya table ukuran 10,4-inci sebagai pusat infotainment.

Memanfaatkan platform BMW termasuk juga mendapatkan mesin. LUX A2.0 dan LUX SA2.0 ditenagai unit N20 milik BMW, sebuah mesin bensin berkonfigurasi 4-silinder 2,0-liter yang dipasok turbocharger. Tapi VinFast tidak mendapat lisensi Valvetronic punya BMW, jadi memakai teknologi katup konvensional saja. Belum ada keterangan resmi soal data spesifikasi mesin ini. Berita baiknya, transmisi juga pakai bawaan BMW, yaitu otomatis 8-speed buatan ZF. Penggeraknya roda belakang (RWD) untuk sedan dan empat roda (AWD) untuk SUV.

Kedua mobil mulai masuki fase percobaan produksi pada Maret 2019 dan berlanjut ke produksi sepenuhnya pada September 2019. Fasilitas pabrik perakitan sudah disiapkan di Hai Phong, dengan luas 335 hektar dan didukung fasilitas ultramodern untuk memenuhi standar mobil kelas internasional. Sangat menarik menanti kiprah mobil kelahiran Vietnam, bercita rasa Jerman dan bergaya Italia.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.