Sukses

Performa Nissan Melorot Terus, Indomobil Lepas Saham Sebesar 5,1 Persen

PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) berencana melepas 5,1% saham milik anak usahanya, PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Indomobil menilai, performa Nissan di Indonesia merosot terus.

Liputan6.com, Jakarta - PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) berencana melepas 5,1% saham milik anak usahanya, PT IMG Sejahtera Langgeng di PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Indomobil menilai, performa Nissan di Indonesia merosot terus. Skala bisnisnya diangggap kurang menguntungkan.

Laporan itu tertuang dalam Keterbukaan Informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Begini skemanya. PT IMG Sejahtera Langgeng (IMGSL) yang berkedudukan di Jakarta Timur, telah melakukan transaksi pengalihan sebagian saham miliknya di NMI, kepada PT Tritunggal Intipermata (TIP) yang berkedudukan di Jakarta Timur.

Rencananya, emiten berkode saham IMAS itu siap melepas 13.433 saham Seri C PT NMI ke TIP yang merupakan pemegang 18,17% saham IMAS. Adapun 90% saham Tritunggal Inti Permata digenggam oleh Anthoni Salim.

Artinya, rencana itu merupakan transaksi afiliasi. Transaksi yang disepakati nilainya Rp 135 miliar atau berada di atas nilai pasar wajar Rp 133,87 miliar. Masih berdasarkan Keterbukaan Informasi BEI (2/10), IMAS memiliki 25% saham NMI. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Setelah menjualnya, maka mereka hanya memiliki saham kurang dari 20%.

Baik IMGSL maupun TIP adalah pihak yang terafiliasi dengan perseroan. Mengingat 99,99% saham IMGSL secara langsung dimiliki oleh perseroan. Dalam informasi BEI, terdapat penjelasan, pertimbangan dan alasan dilaksanakannya transaksi termasuk manfaat dan risikonya.

“Sudah beberapa tahun Nissan Motor Indonesia menderita kerugian. Dan perseroan sudah tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Entitas Asosiasi. Entitas Asosiasi yang mengalami kerugian ini membebani Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Konsolidasian Perseroan secara keseluruhan. Hal ini mengurangi kinerja perseroan untuk meningkatkan keuntungan. Kemudian selanjutnya, berdampak terhadap kemampuan perseroan untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham,” tulis pernyataan yang ditandatangani Dirut IMAS, Jusak Kertowidjojo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Laporan juga berdasarkan Surat Pernyataan tertanggal 28 September 2018, yang ditandatangani oleh seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan. Para Direksi dan Komisaris menyatakan, semua informasi material terkait dengan transaksi pengalihan saham adalah sah. Pengalihan saham milik IMGSL di NMI kepada TIP, yang dalam pengumuman ini telah diungkapkan secara lengkap dan tidak menyesatkan.

Informasi tambahan ihwal kinerja Nissan. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Nissan Motor Indonesia (NMI) semester pertama 2018 anjlok 47%. Capaiannya hanya 4.813 unit, dibanding tahun lalu periode sama mencapai 9.146 unit. Namun hingga akhir tahun, Nissan berencana bangkit dengan strategi barunya

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.