Sukses

Tips Buat Pemula Agar Berani Mengemudi Sendiri di Jalan Raya

Hasil sebuah studi di Inggris, ternyata masih ada saja pemilik SIM baru yang tak memiliki nyali mengemudi seorang diri karena beberap faktor.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) bukan berarti bebas berkendara sesuka hati. Tentu saja, aturan lalu lintas yang telah diterapkan pemerintah dengan standarisasi international harus tetap ditaati.

Namun begitu, seperti hasil sebuah studi di Inggris, ternyata masih ada saja pemilik SIM baru yang tak memiliki nyali mengemudi seorang diri karena beberap faktor.

Berkaca dari kasus tersebut, Ian McIntosh, CEO RED Driving School (salah satu sekolah mengemudi di Inggris) angkat bicara. Menurutnya, ketakutan mengemudi dapat secara serius menghambat kemampuan seseorang untuk berfungsi.

“Jika Anda merasa itu menantang, mungkin Anda perlu mundur, dan mempertimbagkan terlebih dahulu bagaimana mengatasi kecemasan yang ada,” tuturnya.

Meski begitu seperti dilansir The Sun, McIntosh menjabarkan beberapa tips yang bisa diterapkan para pemilik SIM baru sehingga dapat melatih percaya diri mengemudi sendirian.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) bersama Kitabisa.com mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berani Mengemudi Sendiri

Pertama, pastikan rute mana yang hendak akan dilalui. Tak lupa, berikan estimasi waktu tambahan selama perjalanan.

Selain itu, pastikan sebelum melaju melakukan berbagai pengecekan mulai dari jendela, lampu, hingga spion.

Kedua, persiapkan diri jika terjadi cuaca buruk. Sebelum Anda bergegas pergi, ada baiknya membawa perlengkapan atau peralatan yang bisa membantu saat keadaan darurat.

Ketiga, belajar mengemudi. Meski sudah mendapatkan SIM, sejumlah sekolah mengemudi menganjurkan agar mengambil pelajaran tambahan. Hal ini dilakukan agar keahlian bisa lebih terasah.

Keempat, berlatih di jalanan yang tenang. Jika Anda ragu mengemudi di jalan raya, ada baiknya di minggu pertama secara perlahan kembali melatih mengemudi sendiri di jalan sepi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini