Sukses

Begini Cara Mudah Usir Lelah dan Mual Usai Perjalanan Jauh

Usai melakukan perjalanan panjang menggunakan kendaraan pribadi biasanya timbul rasa lelah dan pusing. Berikut ini tips mengusirnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bepergian bersama keluarga dengan menumpangi mobil memang sangat menyenangkan. Namun setelah melakukan perjalanan, rasa lelah bahkan mual biasanya menyerang.

Tak sedikit yang mengalami mabuk perjalanan, bahkan perut juga terasa mual hingga kepala pusing.

Tentu saja, efek seperti ini sangat tidak mengenakan dan disukai siapa saja. Sebab, perjalanan yang dibayangkan bakal menyenangkan bisa saja berujung mengecewakan.

Sebenarnya, ada beberapa cara untuk membantu mengusir rasa lelah dan pusing usai melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi. 

Dilansir Vemale, berikut ini beberapa tips agar perjalanan bepergian Anda jadi lebih menyenangkan. Tips ini dapat digunakan bila sakit di tengah perjalanan atau merasa lelah berat saat pulang ke rumah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Sakit, Mual dan Tak Enak Badan di Tengah Perjalanan

Ini sering terjadi di tengah perjalanan dan kurang menguntungkan. Bila sebelumnya Anda tak sempat minum obat anti mabuk, konsumsilah permen jahe atau permen mint.

Jangan gunakan AC. Untuk sementara gunakan udara luar untuk mengurangi dingin. Bila Anda sampai muntah, minumlah air putih.

Kemudian biarkan perut tenang beberapa saat. Gosokkan minyak yang aromanya mint segar. Pada perhentian berikutnya, carilah minuman hangat seperti teh atau air jeruk.

Jangan memilih susu atau kopi. Bila perlu, belilah obat anti mabuk atau permen pedas sebagai antisipasi.  

 

3 dari 3 halaman

2. Menghilangkan Lelah Setelah Perjalanan Seharian

Biasanya kepala pusing atau sangat lelah. Ini bisa terjadi karena perubahan suhu dari AC ke udara terbuka atau terlalu lama terkena AC.

Kehujanan yang tidak segera mandi juga bisa menyebabkan tubuh kurang enak atau migrain. Setelah sampai rumah, siapkan 20 ml air hangat cenderung panas yang diberi madu dan lemon atau teh cengkeh dengan madu.

Ini adalah pertolongan pertama untuk menyembuhkan pening dan lelah. Selanjutnya, segeralah buang air kecil untuk membuang racun-racun, jangan ditahan karena bisa menyebabkan makin pusing.

Makan sesuatu yang bening, hangat dan berkuah seperti sup dalam porsi kecil. Lakukan sesuatu selama satu jam sembari menjeda waktu setelah makan, setelahnya Anda bisa beristirahat.  

Istirahat yang cukup akan sangat membantu recovery pasca perjalanan jauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.